Sikapi hitung cepat pemilu 2019, Hasto: jujur itu indah

id Pemilu 2019,penghitugan cepat,Penghitungan suara oleh KPU,Siap menang siap kalah

Sikapi hitung cepat pemilu 2019, Hasto: jujur itu indah

Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengimbau semua elite politik untuk jujur menyikapi penghitungan suara pemilu 2019, baik hitung cepat yang sudah dilakukan lembaga survei kredibel maupun hitungan riil yang sedang dilakukan KPU.

"Jujur itu indah. Politisi perlu bersikap jujur secara konsisten," kata Hasto Kristiyanto kepada pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Jumat.

Menurut Hasto Kristiyanto, pemungutan suara pemilu 2019 sudah diselenggarakan di sebagian besar daerah di Indonesia, pada Rabu (17/4), serta ada juga beberapa tempat di Indonesia yang melaksanakannya pada Kamis (18/4).

Menurut dia, PDI mempercayai hasil hitung cepat dari lembaga survei, tapi hasil hitung cepat ini, bukan merupakan hitungan resmi. "Hitung cepat ini hanya menjadi indikasi. Hitungan resmi yang menentukan hasil pemilu, adalah hitungan manual yang dilakukan oleh KPU. Karena itu, mari sama-sama kita tunggu hasil hitungan manual dari KPU," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Hasto juga mengimbau para elite politik untuk bersabar dan berjiwa besar menunggu penghitungan suara resmi dari KPU. "Mari kita tunggu bersama, dan menerima hasil penghitungan dari KPU," katanya.

Menurut Hasto, sebelumnya KPU juga sudah melakukan kampanye damai bersama sekaligus penandatangan pakta integritas kepada seluruh elite partai politik serta pasangan capres-cawapres peserta pemilu 2019. "Marilah kita hargai pakta integritas yang sudah kita tandatangani dan sepakati bersama," katanya.