Puluhan penyandang disabilitas Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang salurkan hak pilih

id Pemilu 2019

Puluhan penyandang disabilitas Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang salurkan hak pilih

Penyandang disabilitas dibantu pendamping menyalurkan hak pilihnya di TPS 19 Kalumbuk Kota Padang, Rabu (17/4). (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 27 penyandang disabilitas yang berasal dari Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu dan Panti Sosial Bina Netra menyalurkan hak pilih mereka di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Salah seorang penyandang disabilitas Boy Hakiki di Padang, Rabu mengatakan dirinya tidak mengalami kesulitan dalam mencoblos surat suara karena ada pendamping yang membantu hingga ke bilik suara.

“Saya dibantu istri untuk menyalurkan hak pilih baik untuk presiden dan wakil presiden kemudian anggota legislatif,” katanya.

Menurut dia seharusnya surat suara yang diberikan kepada tuna netra harus memiliki tanda tertentu sehingga pihaknya dapat lebih mudah dalam memilih. Mungkin saja panitia pemilihan berpendapat dengan membawa pendamping akan lebih memudahkan.

Ia mengaku lega setelah menjalankan kewajiban sebagai warga negara dengan datang ke Tempat Pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih.

"Alhamdulillah saya lega dan saya memilih caleg dan presiden yang saya inginkan. Saya tahu nama-nama mereka ketika masa kampanye, ujarnya.

TPS 19 Kalumbuk sendiri memiliki terdapat 268 Daftar Pemilih Tetap dan 125 Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 27 orang merupakan penyandang disabilitas.

Para penyandang disabilitas dalam menyalurkan suaranya didampingi empat guru pendamping dari Panti tuna grahita dan Panti tuna netra tang berlokasi di sekitar kawasan tersebut.

Sebelumnya KPU Kota Padang menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 3 (DPTHP3) pemilih Kota Padang berjumlah sebanyak 592.279 yang terdiri dari 290.702 pemilih laki-laki dan sebanyak 301.577 pemilih perempuan dengan jumlah TPS sebanyak 2.457 unit.

Jumlah tersebut bertambah dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP2) dengan jumlah pemilih di Kota Padang sebanyak 592.162 orang yang terdiri dari 290.588 pemilih laki-laki dan 301.574 pemilih perempuan dengan 2.452 TPS.

Sementara untuk Sumatera Barat yang terdaftar sebagai pemilih sebanyak 10.319 pemilih yang terdiri dari 2.404 pemilih penyandang tuna daksa, 1.298 pemilih penyandang tuna netra, sebanyak 2.099 penyandang tuna wicara/rungu, 2.186 penyandang tuna grahita dan 2.332 penyandang disabilitas lainnya. (*)