Payakumbuh inisiasi Senin Cerdas untuk sebarkan informasi pembangunan daerah (Video)

id payakumbuh,keterbukaan informasi

Payakumbuh inisiasi Senin Cerdas untuk sebarkan informasi pembangunan daerah (Video)

Senin Cerdas Pemkot Payakumbuh (Antara Sumbar/ Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) menginisiasi Senin Cerdas untuk keterbukaan penyebaran informasi pembangunan daerah.

"Ide munculnya 'Senin Cerdas' itu karena adanya program Diskominfo untuk menyebarluaskan informasi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan Payakumbuh," kata Kabag Humas Pemko Payakumbuh, Irwan Suwandi di Payakumbuh, Selasa.

Sekali dalam satu pekan, Bagian Humas menghadirkan kepala dinas Operasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruangan Media Centre Kota Payakumbuh dalam kegiatan yang disebut Senin Cerdas tersebut.

Senin (15/4) kemaren, telah memulai Senin Cerdas dengan menghadirkan OPD yakni Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Payakumbuh Muslim dan Dirut PDAM Kota Payakumbuh Herry Iswahyudi.

"Fokus utama yang dibahas dalam dialog yang dihadiri Kepala Dinas Kominfo, Jhon Kenedy dan Kabag Humas itu adalah mulai dioperasikannya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)," jelas Irwan Suwandi.

Irwan Suwandi menyebut dalam Senin Cerdas tersebut Pimpinan OPD menjelaskan dan berdialog antara wartawan dengan jajaran OPD untuk mengkritisi dan memperdalam sebuah isu yang dibahas.

"Kita di Humas bekewajiban untuk menyampaikan seluas-luasnya kegiatan, kebijakan, dan segala hal yang diakukan Pemkot Payakumbuh terhadap masyarakat," kata Irwan Suwandi.

Lebih lanjut, ia menerangkan, kegiatan yang sifatnya dialog antara pihak media dan jajaran OPD itu dilaksanakan untuk menangkap dan memperdalam sebuah isu yang tengah berkembang di masyarakat.

"Kita undang sebagai penanggap kawan-kawan pers karena biasanya wartawan memiliki anilisa yang dalam untuk menangkap sebuah tema dan memperdalam isu tersebut," jelas Irwan.

Menurutnya, melalui kegiatan Senin Cerdas itu, pihak Humas ingin menguatkan sinergi dengan wartawan selaku pekerja media yang bertugas menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

"Kita berharap sinergi antara kawan-kawan dengan Humas tetap terjalin, sehingga media bisa memberikan informasi yang benar terhadap masyarakat,” pungkasnya.(*)