Salurkan Dana Kelurahan, Payakumbuh rampungkan program kerja

id Dana kelurahan,Payakumbuh

Ilustrasi dana kelurahan (Ist) (/)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, memastikan kepada seluruh kelurahan untuk merampungkan penyusunan dan penetapan program kerja agar siap merealisasikan dana kelurahan dengan baik.

"Sekarang Badan Keuangan Daerah sedang memproses secepat mungkin untuk mencairkan anggaran sesuai program kerja kelurahan, maka penetapan program kerja harus rampung," kata Asisten III, Amriul Dt Karayiang, di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengingatkan jangan sampai setelah batas waktu pengajuan dan penyusunan program kerja, masih ada lurah yang melakukan negosiasi untuk perubahan atau memasukkan program baru.

Batas waktu penyusunan dan penetapan program kerja seluruh kelurahan di Kota Payakumbuh untuk tahun 2019 telah rampung tanggal 31 Maret 2019 silam.

Amriul menekankan agar seluruh Lurah yang ada di Payakumbuh komit dengan program yang telah dirancang dan ditetapkan ini.

"Karena saat ini, anggaran untuk pelaksanaan kegiatan sedang diproses dan dalam waktu dekat bisa disalurkan ke seluruh kelurahan," jelasnya.

Apabila tidak rampung dan mengalami perubahan akan menggeser atau merusak database yang telah dikeluarkan oleh Bappeda Payakumbuh, termasuk temuan dari tim Audit.

“Jadi setelah 31 Maret 2019, tidak ada lagi rekomendasi program kerja. Semuanya telah masuk dan ditetapkan. Sekarang masuk pada penganggaran program kerja tersebut,” ucap Amriul.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Payakumbuh, Syafwal mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bappeda Payakumbuh dan dokumen rencana kerja kelurahan sudah lengkap.

“Beberapa hari yang lalu kami sudah berkoordinasi dengan Bappeda dan sudah mendapatkan dokumen tentang penyusunan program kerja kelurahan, tinggal memproses dan menetapkan anggaran dalam setiap program kerja kelurahan,” katanya.

Dalam penganggarannya, Badan Keuangan Daerah menyusun rancangan anggaran sesuai dengan Permendagri No 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan.

Dana Alokasi Kelurahan akan diberikan sebesar 5 persen dari pendapatan daerah dan ditambah dari jumlah Dana Alokasi Khusus (DAK).
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar