Himpaudi Pariaman segera miliki koperasi dengan modal Rp20 juta

id koperasi,himpaudi,pariaman

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Pariaman Lucyanel Arlym usai kegiatan bimbingan dan penyuluhan dan proses pembentukan koperasi di Pariaman, Senin (15/4). (Antara Sumbar / Aadiaat M.S)

Pariaman (ANTARA) - Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Pariaman, Sumatera Barat, segera memiliki koperasi dengan modal usaha mencapai Rp20 juta.

"Kami telah mengumpulkan modal pembentukan koperasi ini semenjak satu tahun yang lalu," kata Ketua Himpaudi Kota Pariaman Lucyanel Arlym usai kegiatan bimbingan dan penyuluhan dan proses pembentukan koperasi di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan modal tersebut didapatkan dari iuran peserta yang menyatakan niat untuk membentuk koperasi yang saat ini calon anggotanya sudah mencapai 20 orang.

"Secara bertahap jumlah anggota koperasi tentunya akan bertambah karena seluruh pendidik dan pengelola PAUD bisa mendaftar sebagai anggota," ujarnya.

Ia menyampaikan koperasi yang dibentuk tersebut bersifat usaha penyediaan barang kebutuhan belajar di sekolah PAUD yang mana di Kota Pariaman jumlahnya lebih dari 90 sekolah.

Selama ini, lanjutnya pihak sekolah PAUD di daerah itu membeli kebutuhan belajar mengajarnya sendiri-sendiri padahal hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomiannya melalui koperasi.

"Nanti dengan adanya koperasi baik pendidik maupun pengelola PAUD dapat membeli kebutuhan belajar di koperasi," kata dia.

Ia mengungkapkan pembentukan koperasi tersebut merupakan cita-cita Himpaudi Kota Pariaman untuk menyejahterakan guru dan pengelola PAUD.

Untuk mempersiapkan koperasi tersebut pihaknya bersama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Diskopering dan UKM) Kota Pariaman melaksanakan pelatihan pengelolaan organisasi keuangan itu sehingga dapat mengelolanya secara profesional.

"Nanti kami buat badan hukumnya yang tentunya dibantu oleh Diskoperindag dan UKM Kota Pariaman," katanya.

Sementara itu Kepala Diskoperindag dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit menyebutkan hingga saat ini jumlah koperasi di Kota Pariaman lebih dari 82 unit.

"45 koperasi pegawai negeri dan sisanya koperasi umum," ujar dia.

Ia mengatakan pihaknya mendorong agar koperasi di daerah itu terus berkembang dan jumlahnya semakin meningkat.

"Oleh karena itu kami mendorong empat kelompok yang mengikuti pelatihan hari ini membentuk koperasi baru," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar