Bawaslu Solok Selatan tuntaskan penurunan APK hari ini

id bawaslu ,APK,masa tenang

Petugas Bawaslu Solok Selatan menurunkan APK salah seorang caleg di Kabupaten itu. Bawaslu Solok Selatan menargetkan penurunan APK sudah selesai hari ini (ANTARA SUMBAR/ Erik Ifansha Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan, Sumatera Barat, menargetkan penurunan Alat Peraga Kampanye(APK) tuntas hari ini sehingga satu hari menjelang pencoblosan sudah tidak ada lagi.

"Kami sudah mulai menurunkan APK sejak Minggu (14/4) dan ditargetkan hari ini semuanya sudah tuntas di seluruh wilayah", kata Kordiv Hukum, Pencegahan dan Penindakan Bawaslu setempat, Suriyanti, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan untuk penurunan APK pihaknya membagi empat tim agar bisa selesai tepat waktu.

Untuk penurunkan APK pihaknya menurunkan seluruh personil seperti Panwascam hingga pengawas TPS dibantu Polisi Pamong Praja.

"Setiap Kecamatan kami dibantu dua orang Pol PP untuk menurunkan APK," ujarnya.

Ia mengungkapkan, yang susah adalah penertiban APK yang ditempel di mobil karena ia bergerak terus.

"APK bergerak seperti yang ditempel dimobil memang agak sulit menurunkannya sebab keberadaannya tidak tetap," ujarnya.

Dia menambahkan, pada Selasa (16/4) pihaknya akan menyisiri seluruh wilayah antisipasi APK yang tertinggal dan belum diturunkan.

Ketua Panwascam Sangir Batang Hari Rismon Efendi, mengatakan, khusus di daerah sulit yaitu Lubuk Ulang Aling yang menurunkan APK langsung Pengawas oleh Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

"Akses ke lokasi tersebut cukup sulit dan butuh waktu lama sehingga langsung PPL dan pengawas TPS yang menertibkan," ujarnya.

Dia menyebutkan APK di daerah sulit jumlahnya juga tidak terlalu banyak tetapi butuh tenaga ekstra untuk menuntaskannya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar