Pesisir Selatan pastikan 2.500 keluarga kurang mampu Nikmati Listrik tahun ini

id listrik keluarga kurang mampu

Bupati Hendrajoni bertatap muka dengan keluarga penerima bantuan PKH di Kecamatan Sutera. (Antara Sumbar/Didi Solmedi)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni memastikan keluarga kurang mampu di daerah setempat menerima pemasangan listrik gratis di rumahnya masing-masing pada 2019.

"Pemasangan listrik gratis ini sudah dialokasikan dari APBD kabupaten saat ini tinggal pelaksanaan saja," katanya ketika bertatap muka dengan keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sutera, Sabtu.

Ia menambahkan program itu akan menyasar 2.500 unit rumah warga kurang mampu dan jika masih kurang maka akan dialokasikan pada penganggaran berikutnya.

"Kita lihat dulu jika masih kurang akan dialokasikan pada anggaran perubahan tahun ini atau di 2020 nanti," ujarnya.

Ia mengajak bagi masyarakat yang masuk dalam kategori tersebut untuk segera melapor ke wali nagari dan selanjutnya akan dikumpulkan di kecamatan.

"Data tersebut akan kami gunakan untuk merealisasikan kegiatan ini, jadi kami harap masyarakat aktif sehingga kami mendapat data yang valid" sebutnya.

Selain listrik gratis, tahun ini pemerintah kabupaten setempat juga menggratiskan seragam sekolah, sepatu, tas dan buku bagi pelajar yang masuk tahun ajaran baru.

"Jadi bagi masyarakat yang anaknya masuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama tidak perlu pusing memikirkan biaya karena kami dari kabupaten berupaya meringankan," katanya.

Dengan adanya listrik di masing-masing rumah hingga upaya meringankan biaya masuk sekolah diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah setempat.

"Semua harus sekolah dan harus belajar karena di rumah-rumah warga semuanya sudah dialiri listrik," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar