Bawaslu Sijunjung gelar apel patroli cegah pelanggaran Pemilu

id Bawaslu Sijunjung

Bawaslu Sijunjung gelar apel patroli cegah pelanggaran Pemilu

Ketua Bawaslu Sijunjung Agus Hutrial Tatul foto bersama bupati dan forkopinda usai gelar apel patroli, Jumat (12/4). Apel dilaksanakan sebagai upaya mencegah pelanggaran politik uang. (dicko)

Muaro (ANTARA) - Cegah pelanggaran Pemilu, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung menggelar apel patroli pengawasan anti politik uang sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan tindakan kecuran dalam pelaksanaan pemilihan umum serentak 2019 di daerah itu.

Apel tersebut merupakan tahapan masa tenang pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2019, pada 17 April mendatang, maka digelar di Gedung Pancasila Muaro, Jumat.

Hadir kesempatan itu Bupati Yuswir Arifin, unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Peramgkat Daerah (OPD), Ketua KPU Sijunjung, Ketua Bawaslu serta Panwascam se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Sijunjung Agus Hutrial Tatul mengatakan apel ini untuk memaksimalkan pengawasan khususnya pada masa tenang mulai 14-16 April 2019.

"Maka digelar apel patroli pengawasan anti politik uang", ungkapnya.

Kemudian, patroli tersebut dilakukan di delapan kecamatan se-Kabupaten Sijunjung.

Ia berharap bagi tim patroli agar mengenali dan memahami karakteristik serta kecenderungan perilaku sosial di tengah masyarakat dan hindari sikap arogansi saat menjalankan tugas pengawasan

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuswir berharap pastikan penyelenggaraan Pemilu berlangsung dengan baik dan juga pastikan praktik kecurangan pemilu khususnya politik uang tidak terjadi.

"Di masa-masa tenang biasanya rentan terjadi politik uang," terangnya.

Kemudian dikatakan bupati, apabila terjadi kejanggalan atau permasalahan di lapangan segera laporkan.