Bawaslu Padang Panjang patroli pengawasan cegah pelanggaran di masa tenang

id Bawaslu padang Panjang,Masa Tenang,Pemilu

Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina (Dok. Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melakukan gerakan patroli pengawasan untuk mencegah terjadinya pelanggaran pada masa tenang Pemilu 2019 yang berlangsung 14 sampai 16 April 2019.

Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina di Padang Panjang, Jumat, mengatakan langkah pencegahan itu dimaknai sebagai gerakan moral yang berdasar pada keyakinan bahwa masyarakat mampu berdemokrasi secara damai.

"Pemilu 2019 berbeda dari sebelumnya dan kami yakin masyarakat serta peserta pemilu mampu berdemokrasi secara beradab dan berkekeluargaan," katanya.

Pada Pemilu 2019, ujarnya, masyarakat akan memilih calon kepala negara, anggota DPD RI, anggota DPR RI, serta anggota DPRD provinsi dan kota/kabupaten. Meski banyak pilihan, ia meyakini masyarakat mampu menghargai perbedaan sehingga pelanggaran diharapkan dapat dicegah.

"Jajaran Bawaslu sudah diinstruksikan agar bekerja semaksimal mungkin," ujarnya.

Di masa tenang, beberapa bentuk pelanggaran yang perlu mendapat perhatian agar dapat dicegah yaitu politik uang, politisasi SARA, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian.

"Kami berharap masyarakat ikut mengawasi adanya pelanggaran tersebut sehingga pesta demokrasi ini bebas dari kecurangan," katanya.

Persiapan memasuki masa tenang tersebut, Pemkot Padang Panjang bersama Bawaslu setempat menggelar apel gabungan Patroli Pengawasan Anti-Politik Uang di halaman Balai Kota Padang Panjang.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul menyampaikan apresiasinya bagi KPU dan Bawaslu yang telah menyelenggarakan dan mengawal jalannya Pemilu hingga saat ini sampai di penghujung masa kampanye.

Masa tenang, menurut dia, merupakan saat diujinya penyelenggaraan pemilu.

"Di masa tenang ini rawan politik uang. Di masa ini semuanya mesti bekerja sama agar kecurangan itu tidak terjadi dan menjaga demokrasi damai," katanya.

Ia mengimbau pengawas di lapangan agar bekerja dengan teliti supaya pemilu berlangsung tertib hingga selesai penghitungan suara.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar