KPU Tanah Datar distribusikan logistik pemilu

id KPU Tanah Datar,Logistik Pemilu,Pemilu Serentak

Pekerja saat memuat logistik pemilu di gudang KPU Tanah Datar untuk dikirimkan ke PPK, Jum'at (12/4) (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Tanah Datar, Sumatera Barat, mulai mendistribusikan logistik pemilu kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah itu.

"Pendistribusian sudah dimulai pada Kamis (11/4) untuk Kecamatan Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Rambatan dan dilakukan pengawasan oleh Bawaslu dan pihak kepolisian," kata Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tanah Datar Henni Sari di Batusangkar, Jum'at.

Pendistribusian tersebut dilakukan di gudang penyimpanan logistig pemilu diantaranya, gudang milik KPU Tanah Datar, aula BPCB dan aula pelatihan SMK 1 Bukit Gombak Batusangkar.

Logistik tersebut diangkut ke PPK dengan menggunakan kendaraan truk yang meliputi kotak suara didalamnya kotak itu berisikan surat suara dan pelbagai kebutuhan pemilu lainnya seperti tinta, dan bilik suara.

Ia mengatakan untuk pendistribusian pada Jum'at, KPU akan mengirimkan logistik pemilu untuk Kecamatan Pariangan, Padang Ganting, Tanjung Emas, Sungai Tarab, dan Limo Kaum.

"Dan secara keseluruhan ditargetkan selesai pendistribusiannya pada 16 April 2019 ke seluruh PPK di Kabupaten Tanah Datar," ujarnya.

Terkait dengan surat suara yang kurang atau surat suara yang rusak, ia mengaku sudah diproses dan diserahkan kepada KPU Provinsi dan KPU RI. Bahkan ditargetkan surat suara itu sudah tiba di Tanah Datar pada 15 April.

"KPU Provinsi tengah menjemput kekuragan surat suara itu ke Jakarta. Ditargetkan akan sampai pada 15 April dan diditribusikan pada 16 April kemudian diantarkan langsung ke masing masing TPS yang kurang," ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan mengatakan dalam proses pengiriman logistik tersebut dikawal ketat oleh Bawaslu dan aparat dari kepolisian agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Proses pendistribusian ke PPK ditargetkan selesai pada H-1. Panwascam akan bekerja ektra jika logistik surat suara sudah sampai di kecamatan," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar