Ini dia peserta tertua London Marathon 2019

id London Marathon

Ini dia peserta tertua London Marathon 2019

Ken Jones, 85 tahun, yang akan menjadi peserta tertua lomba lari jarak jauh London Marathon 2019 (www.irishnews.com)

Jakarta, (ANTARA) - Usia senja bukan halangan untuk terus berolahraga, bahkan mengikuti lomba lari marathon yang membutuhkan ketahanan fisik.

Adalah Ken Jones, 85 tahun, yang menjadi peserta rutin lomba lari London Marathon, sekaligus saksi sejarah lomba lari jarak jauh yang cukup terkenal tersebut.

Pada London Marathon 2019 yang akan diadakan pada 28 April mendatang di ibukota Inggris itu, Jones kembali tercatat sebagai peserta tertua, demikian kata panitia seperti dikutip kantor berita Xinhua, Kamis (Jumat WIB.

Pria asal Irlandia Utara itu, yang sejak London Marathon untuk pertama kalinya digelar tahun 1981 sudah menjadi peserta rutin, akan mengikuti lomba tersebut untuk ke-39 kalinya.

"Kondisi saya lebih bagus dibanding tahun lalu. Saya berenang tiga kali seminggu selain berlari, itu yang membantu," kata Jones.

Selain itu Jones juga menargertkan bisa ikut lagi untuk ke-40 kalinya di London Marathon.

Rekor terbaiknya adalah dua jam 55 menit ketika ia berlomba pada London Marathon 1985. Seiring bertambahnya usia, kecepatannya pun menurun dan tahun lalu ia tetap bisa finis dengan waktu tujuh jam 50 menit.

Ketika ditanya rahasianya agar bisa ikut lomba marathon di usia senja, Jones mengatakan, " saya hanya berlatih ringan, kita tidak ingin memaksakan lebih berat yang bisa membuat cedera, dan juga pakai kaus ketat, itu rahasia saya,"

Sementara itu Eilee Noble, 84 tahun, akan menjadi wanita tertua peserta London Marathon tahun ini.

Tahun lalu Noble juga menjadi peserta, saat London Marathon berlangsung di bawah cuaca panas ekstrem, dan mencatat waktu enam jam 47 menit. (*)