Kemenakertrans bangun BLK di Solok Selatan

id pembangunan BLK

Kemenakertrans bangun BLK di Solok Selatan

Wakil bupati Solok Selatan meletakkan batu pertama pembangunan BLK di Pondok pesantren Bustanul Huda Malus, Rabu (10/4). (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Pondok Pesantren (Ponpes) Bustanul Huda, Malus, Lubuk Gadang Timur, Kabupaten Solok Selatan, Sumbar senilai Rp500 juta.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman saat peletakan batu pertama pembangunan BLK, di Padang Aro, Rabu, berharap BLK berupa gedung workshop dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan pesantren.

"Lulusan pesantren diharapkan mempunyai keahlian yang bisa membuat mereka hidup dalam kemandirian," ujarnya.

Pembangunan BLK Komunitas (Gedung Workshop Menjahit) dengan luas bangunan 238 meter persegi.

Ia juga mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja, BLK Padang, dan juga pihak ponpes yang telah bekerjasama dan bekerja keras dalam mengupayakan bantuan dari APBN melalui Kementrian Tenaga Kerja.

"Terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga kucuran dana pembangunan gedung workshop ini dapat kita raih," katanya.

Perwakilan dari BLK Padang, Zainal, mengatakan bahwa Ponpes Bustanul Huda Solok Selatan merupakan salah satu diantara 1.000 BLK yang dibangun tahun ini di seluruh wilayah Indonesia.

Ia berpesan agar pembangunan BLK Komunitas ini dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perencanaan yang ada, dan jangan sampai menyalahi dari ketentuan.

Hal ini karena pihak kementrian sangat bertegas-tegas dalam pengawasannya bahkan ada bangunan workshop yang dibongkar kembali di tengah proses pembangunannya, karena tidak sesuai dengan perencanaan.

"Kalau sampai dibongkar karena tidak sesuai perencanaan tentu kita yang rugi karena nantinya akan dipakai untuk kepentingan kita bersama," katanya.

Dia mengatakan, setelah bangunan ini selesai pihaknya segera melengkapi peralatannya, dan juga pelatihan bagi calon instruktur. (*)