Maksimalkan peran KPPS, KPU Tanah Datar berikan bimtek pelaksanaan pemilu

id Bimtek Pemilu

Maksimalkan peran KPPS, KPU Tanah Datar berikan bimtek pelaksanaan pemilu

Bimtek dan simulasi pemilu 2019 kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Tanjung Baru, Rabu (10/4). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - KPU Kabupaten Tanah Datar,Sumatera Barat memberikan bimbingan teknis kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Tanjung Baru guna memberikan pemahaman tentang tata cara pemungutan suara pada pemilu serentak 2019.

Komisioner KPU Tanah Datar Tomas Hendrikodi Batusangkar, Rabu, mengatakan bimtek ini diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang proses pemungutan suara sehingga dapat meminimalkan kesalahan saat pemilu.

Seluruh panitia KPPS, PPS, dan PPK yang mengikuti bimtek ini diharapkan mengerti tugas dan fungsi mereka sebagai apa pada pemilhan nantinya.

Ia meminta semua anggota KPPSdapat menjaga integritas dan netralitas saat pelaksanaan pemilu.

Jangan sampai dipengaruhi oleh para celg DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD, DPR-RI maupun dari timsespresiden dan wakil presiden.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanjung Baru Ardino Roza mengatakan bimtek ini dihadiri 188 orang dari KPPS, lima orang PPS dan lima orang dari PPK.

Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik tentang pemilu agar terselenggara pemilu yang kondusif, aman, dan sukses.

Pada bimtek ini juga dilakukan simulasi pencoblosan dan tahap-tahap pencoblosan, penghitungan suara, cara mengisi berita acara dan hal penting lainnya.

Sementara salah seorang anggota KPPS asal Jorong Kapuak Koto Panjang Kiki Saputra mengatakan bimtek dan simulasi yang diadakan KPU ini sangat bermanfaat.

Sebap apa yang disampaikanbetul-betul rinci dan mudah dipahami. Dimulai dari tahapan pemilu sampai penghitungan suara.

"Saya dari KPPSsangatsenang dan merasa terbantu bagaimana tata cara pemungutan suara nanti. Bimtek ini sudah menjawab keraguan saya mudahan-mudahan berjalan lancar hingga pemilihan nantinya," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar