Gedung promosi Batusangkar diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan ke Tanah Datar

id Gedung promosi Batusangkar

Gedung promosi Batusangkar diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan ke Tanah Datar

Produk UMKM sudah tersusun di gedung promosi dan oleh-oleh Batusangkar, (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan terus mengembangkan gedung promosi dan pusat oleh-oleh Batusangkar agar dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kami akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan ASITA Sumbar agar gedung promosi ini semakin ramai oleh wisatawan," kata Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan pascadiresmikannya gedung tersebut oleh Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla pada Senin (8/4) diharapkan Batusangkar tidak lagi sebagai tempat singgah atau tempat buang sampah wisatawan yang berkunjung, tetapi menjadi tujuan.

Biasanya wisatawan belanja di Bukittinggi dan Payakumbuh kemudian singgah ke Batusangkar dan membuang sampahnya di Batusangkar. Dengan adanya gedung promosi ini kebiasaan itu diharapkan hilang dan wisatawan akan belanja di sini.

Cara tersebut sangat baik bagi perkembangan daerah, karena juga dapat meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata, dan ekonomi masyarakat yang tergabung dalam UMKM Tanah Datar juga akan terangkat.

Ia mengatakan gedung baru tersebut dibangun pemerintah daerah dan dikelola oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan ditempati oleh para pengusaha UMKM di Tanah Datar.

Gedung promosi tersebut bakal diisi sebanyak 240 UMKM yang terdiri dari pengusaha UMKM di bidang kuliner, fashion, dan souvenir. Gedung promosi tersebut langsung berfungsi pascadiresmikan.

Ia berharap gedung promosi itu terus berkembang sehingga perajin ekonomi kreatif di Tanah Datar terus bertambah dan berinovasi dalam menciptakan produk unggulan.

"Kita punya program namanya satu nagari satu produk. Jadi setiap nagari harus memiliki satu produk untuk dikembangkan menjadi sebuah UMKM di nagari itu. Dan gedung ini bagus untuk mereka," ujarnya.

Sementara Ketua Dekranasda Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi mengatakan gedung promosi dan pusat oleh-oleh digagas untuk memfasilitasi pengusaha UMKM di Tanah Datar.

Pascadiresmikan gedung ini, kita juga mengharapkan pembinaan secara berkelanjutan baik dari Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla maupun Ketua Dekranas Provinsi Ibu Nevi Zuairina.

Peserta yang menempati gedung tersebut baru sekitar 47 UMKM yang sudah mengirimkan produknya.

Ia mengimbau semua UMKM agar segera mendaftarkan diri dan mengirimkan produknya ke gedung ini. Menurutnya semakin cepat semakin baik karena bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan datang ke Tanah Datar. (*)