Sukseskan pelaksanaan pemilu, Lantamal Padang siagakan kapal perang

id Lantamal Padang,Lantamal Siagakan Kapal Perang,Lantamal dukung pelaksanaan pemilu,Pemilu Serentak 2019

Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, saat memeriksa kesiapan prajurit. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyiagakan kapal perang untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saat ini ada empat kapal perang yang ada di bawah jajaran Lantamal, dan statusnya disiagakan agar bisa berfungsi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan," kata Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, didampingi Komandan Satrol Kolonel Laut (P) Joko Triwanto di Padang, Senin.

Keempat kapal perang di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal Padang yaitu KRI Kelabang, KRI Kala Hitam, KRI Cakalang, dan KRI Kurau.

Keempat KRI disiagakan terhitung dari dua minggu sebelum pelaksanaan Pemilu pada 17 April, dan dua minggu sesudahnya.

Joko Triwanto yang akrab disapa Jotri menjelaskan KRI itu nantinya untuk mengantisipasi seandainya terjadi permasalahan yang membutuhkan kapal.

"Sebut saja kalau nanti muncul kerusuhan atau suatu persoalan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan butuh dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) atau logistik lainnya dari Padang dalam waktu cepat, di situlah peran KRI," katanya.

Mengingat KRI merupakan kapal yang bisa bergerak cepat dan mampu mengarungi laut dalam untuk melaksanakan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas, imbuhnya, Lantamal Padang tetap berkomunikasi dan meminta petunjuk dari unsur pimpinan baik di tingkat daerah ataupun pusat.

Pada bagian lain, Agus Sulaeman menegaskan agar jajarannya netral dalam masa Pemilu dan tidak terlibat politik praktis.

Sebelumnya Komandan Lantamal juga telah menggelar apel pasukan dan memeriksa persiapan prajurit dan kelengkapan, jumlah personel yang diperbantukan pada pengamanan Pemilu sekitar 400 orang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar