PLN beri diskon bagi konsumen pengguna kompor induksi dan motor listrik

id PLN

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto sedang memperlihatkan kompor induksi atau kompor listrik ke Executive Vice President Pengembangan Regional Sumatera, Budi Pangestu, Senin (8/4). Kegiatan sosialisasi pemakaian kompor listrik ini pada peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward 2019. (Ist)

Padang (ANTARA) - PT.PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat menerapkan program beri diskon hingga 75 persen bagi masyarakat atau konsumen yang sudah memakai kompor induksi dan sepeda motor listrik.

"Upaya PLN untuk meringankan masyarakat yang memakai kompor listrik dan motor listrik dengan memberi diskon tambah daya berlangsung sampai akhir tahun 2019," kata General Manager PLN UIN Sumbar Bambang Dwiyanto di Padang, Senin.

Hal ini disampaikan disela-sela peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward dan demo pemakaian kompor listrik dihadiri ratusan pelanggan PLN di Grand Inna Muara Padang.

Bambang menyatakan, sedangkan masyarakat yang pengguna mobil listrik diberikan diskon 100 persen, artinya tidak ada biaya tambah daya.

Program ini, tambahnya, salah cara untuk menyambut era penggunaan motor maupun mobil listrik yang akan diterapkan di negeri ini.

Selain itu, PLN UIW Sumbar juga sudah menyiapkan hingga triwulan pertama 2019 sebanyak 200 titik Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) tersebar di wilayah Sumbar, katanya.
GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto bersama Executive Vice President Pengembangan Regional Sumatera, Budi Pangestu meninjau hasil demo masak dengan kompor induksi atau kompor listrik. (Ist)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada kesempatan memberi sambutan dalam peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward, bahwa Pemprov Sumbar mendukung terhadap penggunaan kompor induksi --migrasi dari kompor gas ke kompor induksi--.

Hal ini didasarkan dari fakta penelitian bahwa penggunaan kompor induksi bisa mencapai 67 persen lebih hemat dari kompor gas.

Selain itu, kata dia, penggunaan kompor gas juga terbukti lebih ramah lingkungan, memperkecil risiko bahaya kebakaran dan lebih nyaman digunakan.

Pemprov Sumbar mengajak seluruh unsur pemerintahan dan elemen masyarakat untuk mempelopori penggunaan motor listrik.Sebab, berdasarkan fakta penelitian bahwa motor listrik lebih hemat sampai 71 persen dari motor bahan bakarminyak dalam hal konsumsi energi.

Apalagi, pada 2019 pemerintah sudah merencanakan terbitnya peraturan pemerintah mengenai kendaraan listrik.

Gubernur dalam kesempatan itu, juga menyumbangkan dua tembang bersama IP Band sebelum meninggal lokasi acara tersebut.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar