Mufidah Kalla dijadwalkan kunjungi sentra tenun Tanah Datar

id Mufidah Jusuf Kalla,Sentra tenun tanah datar

Mufidah Jusuf Kalla. (cc)

Batusangkar (ANTARA) - Isteri Wakil Presiden Republik Indonesia Mufidah Jusuf Kalla dijadwalkan mengunjungi sentra tenun di Nagari Tigo Jangko Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Senin (8/4).

"Ya, besok Senin, Ibu Mufidah akan mengunjungi sentra tenun di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Utara dan beberapa tempat di daerah itu," kata Kepala Sub Bagian Humas Tanah Datar Muharwan di Batusangkar, Minggu (7/4).

Selain meninjau sentra tenun tersebut, Ketua Umum Dekranas itu juga bakal mengunjungi salah satu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR di Nagari Tanjuang Bonai.

"Serta melihat pembangunan Masjid Raya Tanjuang Bonai dan peresmian gedung promosi dan pusat oleh-oleh Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar," katanya.

Ia mengatakan sentra industri tenun di Kabupaten Tanah Datar merupakan sentra tenun terbesar di Indonesia yang dulu juga diresmikan oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada Selasa 8 Mei 2018.

Keberadaan sentra tenun tersebut sudah menjawab keinginan dan impian Ibu Mufidah selama ini dalam melestarikan, membina serta ikut mengembangkan kearifan lokal yang menjadi kekayaan bangsa.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Marwan mengatakan kedatangan Ibu Mufidah ke Tanah Datar selain meninjau rumah tenun di Lintau Buo, direncanakan juga meresmikan gedung promosi di Indojelito.

Gedung promosi yang disediakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) telah dirampungkan pembangunannya. Direncanakan gedung tersebut akan diisi sebanyak 240 UMKM.

"Baik untuk pengusaha UMKM di bidang kuliner, fashion, maupun UMKM di bidang souvenir," katanya.

Ia berharap gedung promosi tersebut langsung berfungsi dan diisi setelah peresmian oleh Ibu Mufidah tersebut.

Sehingga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan menjadi daya tarik wisatawan datang ke Tanah Datar.

Untuk mengembangkan dan mempromosikan tempat oleh-oleh tersebut, lanjut Marwan, Koperindag akan menjalin kerja sama dengan ASITA.

"Nantinya semua sopir travel yang membawa wisatawan ke Tanah Datar akan singgah ke tempat oleh-oleh tersebut. Itu sangat baik bagi pengembangan UMKM kita," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar