Ciptakan pemilu damai, Bawaslu Tanah Datar minta pers aktif kawal pemilu

id Hamdan

Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan (tengah) memaparkan materi pada acara Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilu oleh Bawaslu Tanah Datar di Batusangkar, Jumat (5/4). (Antara Sumbar/Irfan F)

Batusangkar, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar,Sumatera Barat meminta pers untuk berperan aktif mengawal jalannya pemilu serentak 2019 agar tercipta pemilu aman, damai dan lancar.

"Media massa bisa mengawal jalannya pemilu, karena media dapat masuk ke seluruh lapisan masyarakat," kata Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan di Batusangkar, Jumat.

Hal itu dikatakannya pada acara Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilu oleh Bawaslu Tanah Datar di Batusangkar.

Menurutnya antara Bawaslu dengan media massa saling membutuhkan dalam melaksanakan tugas dalam pengawasan pemilu, termasuk masyarakat dan unsur terkait lainnya dalam menciptakan pemilu aman dan damai.

Media massadapat sebagai penyambung pesan Bawaslu kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu serta melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu kepada lapisan masyarakat.

Namun ia mengharapkan media massa bijak dalam mempublikasikan informasi yang diterima khususnya berita bohong (hoaks) karena jika salah informasinya bisa memberikan dampak tidak baik bagi pesta demokrasi.

"Media harus bisa menangkal hoaks yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemilu karena akan merusak proses pemilu tersebut," kata dia.

Sementara Divisi Hukum Baswaslu Sumatera Barat Nurhaida Yetti mengatakan bahwa media adalah orang yang terdekat denga Bawaslu yang sama-sama memiliki kewajiban dalam mengawasi pemilu serentak 2019.

"Media harus menyukseskan dan mencerdaskan masyarakat dengan menyampaikan serta menyosialisasikan pelaksanaan pemilu agar terciptanya pemilu aman dan damai," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar