KPU Kabupaten Solok prioritaskan daerah terjauh distribusikan logistik

id KPU Solok,Logistik Pemilu

Proses pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Solok beberapa waktu lalu. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) memprioritaskan daerah terjauh dan terisolir dalam pendistribusian logistik Pemilihan Umum.

"Pendistribusian logistik direncanakan mulai pada 12 hingga 15 April 2019 yang didistribusikan ke dapil empat terlebih dahulu," kata Ketua KPU Kabupaten Solok, Gadis di Koto Baru, Jumat.

Ia menyebutkan pada 12 April 2019 atau H-5 logistik didistribusikan untuk dapil empat, pada 13 April 2019 untuk dapil tiga, 14 April 2019 untuk dapil dua dan terakhir pada 15 April 2019 untuk dapil satu.

Daerah pemilihan (dapil) satu terdiri dari Kecamatan Koto Diatas, X Koto Singkarak dan Junjung Sirih, kemudian Dapil dua, kecamatan Gunung Talang, Kubung, dan IX Kotosungai Lasi.

Sedangkan Dapil tiga, Kecamatan Bukit Sundi, Payung sekaki, Lembang Jaya, Danau kembar, Tigo Lurah, dan dapil empat dari Kecamatan Hiliran Gumanti, Lembah Gumanti, Pantai Cermin.

Sementara daerah terjauh dan terisolir yang prioritas itu di antaranya Nagari Sungai Abu dan Sariak Alahan Tigo di Kecamatan Hiliran Gumanti, Nagari Grabak Data, Nagari Simanau, Nagari Batu Bajanjang, Nagari Rangkiang Luluih, dan Nagari Sumiso di Kecamatan Tigo Lurah.

"Saat ini data daerah yang terisolir dan sulit dijangkau kendaraan roda empat, apalagi jika turun hujan Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo lurah," katanya.

Untuk beberapa daerah yang sulit dijangkau, logistik masih bisa didistribusikan sampai ke kecamatan, tapi kalau untuk ke PPS dan TPS yang tidak bisa.

"Untuk daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat, akan memakai kendaraan roda dua seperti motor," sebutnya.

KPU Kabupaten Solok akan menyerahkan ke Panitia Pemungutan Suara dan Kecamatan (PPS dan PPK) tentang armada yang disiapkan nantinya agar pendistribusian berjalan lancar.

"Tentu dalam pendistribusian logistik akan dikawal oleh pihak keamanan agar dapat berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar