Bupati Dharmasraya: pangan lokal dorong pertumbuhan ekonomi

id Pangan Lokal,Sutan Riska

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaaan (tengah) mencicipi olahan pangan lokal rasa ikan di Balai Benih Induk (BBI) Sungai Dareh di Pulau Punjung, Kamis (4/4). Bupati Berharap pengan lokal mampu mendorong perekonimian masyarakat. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan menggatakan keberadaan panganan lokal mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saya berharap olahan pangan lokal rasa ikan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," katanya di sela-sela peluncuran olahan pangan lokal rasa ikan, di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan kreasi pangan lokal rasa ikan merupakan upaya pemerintah daerah dalam mengkampanyekan konsumsi makan ikan di Kabupaten Dharmasraya.

Sebagai tindaklanjut hal itu, lanjut dia pemerintah daerah menginstruksikan agar setiap instansi menyajikan dan memesan panganan lokal berbahan ikan dalam setiap acara rapat atau pertemuan lainnya.

"Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) saya instruksikan agar mengambil peran, tidak hanya pemerintah instansi lainnya sepertu perbankan dan sekolah juga mendukung pemanfaatan pangan lokal yang ada di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Dharmasraya, Budi Waluyo mengatakan dalam peluncuran tersebut melibatkan 20 UKM yang telah menciptakan panganan dengan olahan ikan.

Ia mengatakan pelaku UKM itu juga menciptakan 20 varian panganan lokal berbahan ikan, seperti donaki ikan , kroket ubi ikan, donat ikan, kue talam, risoles tuna, dan lain sebagainya.

Ia mengatakan pihaknya juga membantu memasarkan produk pelaku UKM dengan menyediakan pasar pangan lokal yang sekaligus diresmikan Bupati Sutan Riska.

Menurut dia keberadaan panganan lokal sudah seharusnya berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Gizi dan kebersihan panganan lokal tentu terjamin dibandingkan dengan produk olahan pada umumnya.

"Selain meningkatkan ekonomi pelaku UKM juga meningkatkan ekonomi pelaku usaha perikanan, karena pangan lokal ini berbahan ikan," tambahnya. ***1***
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar