KKP kucurkan Rp11,01 miliar untuk pengembangan nelayan kecil di Pesisir Selatan

id pelepasan ikan

Pelepasan ikan oleh sejumlah pejabat sebelum acara penyerahan bantuan sarana bidang kelautan dan perikanan serta sarana bidang pertanian di mulai di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Selasa (2/4). (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengucurkan anggaran sebesar Rp11,01 miliar untuk pengembangan nelayan kecil di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 2019.

"Bantuan itu mencakup kapal nelayan ukuran lima GT sebanyak lima unit lengkap dengan mesin, berikutnya premi asuransi bagi 1.077 nelayan, bantuan pendidikan bagi anak nelayan dan lainnya," kata Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Selasa.

Hal itu ia sampaikan usai menghadari acara penyerahan bantuan sarana bidang kelautan dan perikanan serta sarana bidang pertanian dalam kunjungan kerja anggota IV BPK RI.

Ia menambahkan bantuan tersebut juga berbentuk benih ikan nila sebanyak 60.000 ribu ekor lengkap dengan pakannya sebanyak dua ton, satu paket kolam bioflok, minapadi dan lain sebagainya.

Penyerahan bantuan merupakan wujud keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong berkembangnya usaha perikanan di Pesisir Selatan.

"Kegiatan ini merupakan langkah melengkapi sarana dan prasarana perikanan karena tanpa sarana dan prasarana yang lengkap mustahil pelaku usaha perikanan akan sukses," katanya lagi.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang hadir pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas bantuan yang digelontorkan tahun ini ke daerah setempat.

"Saya akan maksimal mengawal bantuan ini sehingga benar-benar tepat sasaran," kata dia.

Memastikannya pihaknya bakal memerintahkan tim teknis dari perangkat daerah terkait untuk memberikan pendampingan kepada penerima bantuan sehingga bantuan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Ia menyebutkan sebagai daerah yang tengah berkembang Pesisir Selatan saat ini memang membutuhkan sentuhan dari pemerintah pusat melalui bantuan-bantuan.

"Kami tidak tinggal diam terkait hal ini, kami terus menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dan saya bersyukur Pesisir Selatan menerima bantuan yang cukup besar," katanya lagi.

Acara penyerahan bantuan sarana bidang kelautan dan perikanan serta sarana bidang pertanian dalam kunjungan kerja anggota IV BPK RI tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian serta pejabat Provinsi Sumatera Barat, pejabat Kabupaten Pesisir Selatan dan penerima bantuan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar