Bupati Solok: Satpol PP dahulukan tindak pencegahan

id HUT Satpol PP,Gusmal,Bupati Solok

Peringatan HUT Satpol PP di Kabupaten Solok, Senin (4/1) (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal berpesan agar Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) mendahulukan tindak pencegahan sebelum melakukan razia dalam penegakan perda.

"Satpol PP harus lebih mengedepankan sisi-sisi premetif dan preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan model penyelesaian di hulu dari pada di hilir," katanya di Arosuka, Senin.

Hal itu disampaikan Gusmal saat perayaan HUT Satpol PP ke-69, Hut Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 dan Pemadam kebakaran ke-100 tingkat Kabupaten Solok.

Menurutnya, dengan pencegahan benturan-benturan dapat dihindari serta kesadaran masyarakat terhadap peraturan semakin meningkat.

Satpol PP dapat mengedukasi masyarakat agar tidak melanggar berbagai peraturan daerah sehingga tidak perlu ditangkap jika terjadi razia.

Sedangkan Pemadam Kebakaran diharapkan dapat memberikan sosialisasi dan informasi terhadap masyarakat agar dapat menghindari berbagai penyebab kebakaran, dan cara tidak memperluas atau memadamkan api yang benar jika terjadi kebakaran.

Satpol PP, Satlinmas dan Damkar diharapkan juga lebih meningkatkan kesiapsiagaannya dengan tetap mengedepankan kebersamaan, humanis, berdedikasi, disiplin, dan profesional dalam melaksanakan tugas.

Pemerintah berusaha memenuhi segala sarana dan prasarana yang memadai walau ada keterbatasan anggaran.

Pihaknya akan berupaya lebih maksimal dalam memberikan perhatian terhadap ketersediaan anggaran, kebutuhan sarana prasarana Satpol PP dan Damkar sehingga indikator pelayanan minimal yang harus dilaksanakan akan terlihat lebih nyata.

"Perda dapat ditegakkan yang pada akhirnya kondisi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dapat terwujud," sebutnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Kartu Tanda Peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh Deputi Direktur Wilayah Sumbar, Riau, Kepri diwakili oleh Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan Supriyanto ke Bupati Solok yang selanjutnya diserahkan pada Tenaga THL setempat.

Serta penyerahan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Solok atas peran aktif dan kepeduliannya terhadap Perlindungan Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Supriyanto.

Acara juga dihadiri Sekretaris Daerah Solok Aswirman, Asisten dan Staf Ahli Bupati daerah setempat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar