Bawaslu Solok Selatan akan beri pembekalan 1.709 saksi partai

id Bawaslu

Logo Bawaslu (Foto Antara Sumut/ist)

Padang Aro, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan, Sumatera Barat akan memberikan pembekalan terhadap 1.709 saksi partai selama lima hari di mulai Sabtu 6/4 hingga Rabu 10/4.

"Pembekalan kepada saksi partai diberikan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di wilayah masing-masing", kata ketua Bawaslu Solok Selatan M Ansyar, di Padang Aro, Senin.

Menurut dia, pembekalan kepada saksi partai ini sangat penting supaya saat menjalankan tugas saat Pemilu mereka tahu kapan harus protes agar tidak merugikan calonnya.

Pembekalan ini katanya, untuk memberi pemahaman kepada saksi seperti tugas PPS, KPPS, pengawas TPS serta apa syarat dari seorang pemilih.

Selain itu katanya, saksi juga diberi pemahaman seperti apa suara sah dan tidak sebab tidak semua masyarakat memahaminya.

Dia menyebutkan, walupun saksi tidak didaftarkan oleh partai mereka tetap boleh menggunakan saksi saat Pemilu tetapi pengetahuannya tentu saja terbatas

Dia mengatakan, sampai batas akhir pengusulan nama saksi hanya delapan partai yang mendaftarkannya sedangkan sisanya tidak ada memasukkan nama.

Delapan partai yang mengusulkan nama saksi untuk diberi pembekalan yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 59 orang, Gerindra 51orang, PDI perjuangan 511 orang.

Selanjutnya Nasdem 219 orang, PSI 19 orang, PAN 425 orang, Hanura 114 orang Demokrat 311 orang.

Beberapa partai besar seperti Golkar, PPP tidak ada mendaftarkan saksinya untuk diberikan pembekalan oleh Bawaslu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar