KPU Padang Panjang siapkan bimtek bagi 708 petugas KPPS

id Harry Hazari

KPU Padang Panjang siapkan bimtek bagi 708 petugas KPPS

Komisioner KPU Padang Panjang Harry Hazari. (Antara Sumbar/ Ira Febrianti)

Padang Panjang, (ANTARA) - KPU Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyiapkan bimbingan teknis bagi 708 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk memantapkan penyelenggaraan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

"Mulai 1 sampai 11 April 2019 empat anggota KPPS dari setiap 177 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan mengikuti bimtek untuk mematangkan persiapan jelang hari H," kata Komisioner KPU Padang Panjang Divisi Teknis Harry Hazari di Padang Panjang, Jumat.

Bagi petugas KPPS, ia menerangkan hal yang sudah harus dipahami sejak awal yaitu warna surat suara dan memperhatikan kelompok pemilih.

Petugas KPPS terutama yang akan bertugas di KPPS 4 dan 5 atau pintu masuk TPS harus mencermati data pemiilih yang berasal dari daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK).

"Pemilih dari DPTb tidak semua yang akan menerima lima surat suara jika dari daerah pemilihan (dapil) yang berbeda dengan di tempat memilih saat pemungutan suara. KPPS harus cermat dengan hal ini," jelasnya.

Dalam bimtek tersebut KPPS juga akan dibekali sejumlah informasi lain seperti tugas dan kewajiban, alur pemilih masuk hingga keluar TPS, pengisian C1, kondisi suara sah atau tidak sah dan lainnya.

"Karena Padang Panjang kota kecil hanya dua kecamatan, bimtek ini hanya akan melibatkan anggota KPU Padang Panjang saja," katanya.

Di samping bimtek tersebut, KPU setempat menyiapkan simulasi tata cara pemungutan dan penghitungan suara yang jadwalnya ditetapkan kemudian.

Sebelum bimtek bagi KPPS, KPU Padang Panjang juga telah memberikan bimtek bagi anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada 19 Maret 2019. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar