Polres-Pemkot Pariaman istighosah hadapi pemilu dan isu megatrust

id Pemkot Pariaman,Polres Pariaman,Pemilu Serentak,istigasah

Kapolres Kota Pariaman, Sumatera Barat AKBP Andry Kurniawan, (tengah kiri) dan Wali Kota Pariaman Genius Umar (tengah kanan) berfoto bersama usai melaksanakan istigasah dan tabliq akbar di Pariaman, Jumat (29/3). (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat, bersama pemerintah kota (Pemkot) setempat melaksanakan istighosah dan tabliq akbar guna menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dan isu megatrust yang akan melanda provinsi itu.

"Ada tiga tema yang kami angkat pada kegiatan yang menggandeng Pemkot dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman," kata Kapolres Kota Pariaman AKBP Andry Kurniawan usai melaksanakan istighosah dan tabliq akbar di Pariaman, Jumat.

Ia menyebutkan adapun tema tersebut yaitu untuk menyadarkan generasi milenial agar sadar dengan agama dan tidak terpengaruh dengan isu negatif termasuk megatrust.

Selanjutnya, katanya, mewujudkan keamanaan di masyarakat dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 agar pesta demokrasi tersebut berjalan aman dan badunsanak atau kekeluargaan.

"Keamanan merupakan salah satu nikmat terbesar yang diberikan Allah sehingga perlu dirawat dan dijaga," katanya.

Oleh karena itu ia berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang dapat memecah belah bangsa.

Apalagi, lanjutnya, saat ini Pemilu semakin dekat sehingga kondisi politik semakin panas namun masyarakat harus tetap menjaga silaturahim meskipun berbeda pilihan.

Menurutnya hal tersebut dapat diatasi dengan menjaga silaturahim, mendekatkan diri kepada Allah, dan meminta agar terhindar dari bahaya dan bencana.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar menekankan agar warga di daerah itu tetap menjaga silaturahim dalam menghadapi Pemilu 2019 guna menciptakan situasi yang kondusif.

"Jangan saling menjelekkan dan menyebarkan berita bohong," ujarnya.

Menurutnya melalui istighosah dan tabliq akbar tersebut jiwa peserta akan tenang dan rasa persaudaraan antarwarga Kota Pariaman meningkat.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman M.Nur mengatakan keamanan merupakan kunci utama dalam melaksanakan ibadah sehingga harus dipertahankan oleh warga di daerah itu.

"Kegiatan ini dapat mewujudkan itu sekaligus mendekatkan diri kepada Allah," ujar dia.

Selain itu, lanjutnya kegiatan tersebut dapat mengarahkan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan arus radikal dan liberal. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar