Pemerataan infrastruktur tingkatkan perekonomian, fokus Solok Selatan 2020

id Musrenbang Solok Selatan,Wabup Solok Selatan,Abdul Rahman

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman memberikan arahan saat pembukaan Musrenbang Kabupaten di Aula Sarantau Sasurambi Setdakab Padang, Kamis (28/3). (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemerataan pembangunan infrastruktur guna peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kepala OPD harus memanfaatkan dan mengambil peluang dengan menyiapkan kelengkapan data dukungan serta melakukan penginputan program dan kegiatan yang akan didanai APBN dan APBD Provinsi," ujarnya di Padang Aro, Kamis.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kabupaten di Kantor Bupati Solok Selatan di Padang Aro, Kamis.

Dia berharap musrenbang dapat memberikan masukan yang konstruktif dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih berkualitas dan tepat waktu.

Perkembangan APBD Solok Selatan, katanya, setiap tahun mengalami kenaikan, namun seiring dengan itu juga diikuti dengan peningkatan belanja wajib seperti belanja pegawai dan belanja bantuan keuangan kepada pemerintahan desa.

Melihat kondisi tersebut, ia meminta kepala OPD untuk terus berpikir dalam memprioritaskan program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian visi dan misi yang telah tertuang dalma RPJMD Solok Selatan tahun 2016-2021.

Selain itu ia meminta kepala OPD pro aktif mengejar dan merebut peluang penganggaran program dan kegiatan baik itu ditingkat provinsi atau pusat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Solok Selatan, Yul Amri, menyebutkan melalui musrenbang bisa menyepakati tema, prioritas dan sasaran pembangunan, serta disepekatinya usulan program di tingkat kabupaten yang merupakan kewenangan daerah dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan.

"Melalaui musrenbang ini kita dapat menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja, serta dihasilkannya program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan diusulkan mellaui APBD Provinsi dan APBD tahun 2020," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Wali Nagari dan perwakilan kecamatan se Solok Selatan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar