Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pariaman naik

id pedagang cabai

Seorang pembeli mengangkat belanjaannya usai membeli cabai di Pasar Pariaman, Kota Pariaman, Sumbar, Kamis (28/3). (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Kota Pariaman, Sumatera Barat naik di kisaran Rp1.000 hingga Rp6.000 perkilogram.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok ini karena berkurangnya stok," kata salah seorang pedagang di Pasar Pariaman Busro Alkhairi di Pariaman, Kamis.

Bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti cabai merah lokal dari Rp18 ribu menjadi Rp24 ribu perkilogramnya.

"Kenaikan tersebut terjadi semenjak tiga hari lalu," katanya.

Meskipun cabai merah mengalami kenaikan harga namun untuk cabai hijau masih bertahan Rp20 ribu perkilogram.

Selain cabai, lanjutnya bawang merah juga mengalami kenaikan dari sebelumnya kisaran Rp22 ribu sampai Rp24 ribu perkilogram menjadi Rp30 ribu perkilogramnya.

Selanjutnya harga telur dari sebelumnya Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu per papan, lalu gula yang sebelumnya Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu perkilogramnya.

"Harga bawang merah dan telur naik dalam beberapa minggu terakhir, sedangkan gula baru memasuki minggu ini," ujarnya.

Selain mengalami kenaikan, lanjutnya saat ini daya beli masyarakat juga berkurang sehingga menurunkan omzet pedagang.

Ia menyebutkan sebelumnya omzet pedagang mencapai Rp4 juta per hari namun sekarang hanya Rp2,5 juta per hari.

Sebelumnya pada Selasa (19/3) harga ayam pedaging di Pasar Pariaman mengalami kenaikan dari Rp17 ribu menjadi Rp19,5 perkilogramnya sedangkan cabai masih bertahan Rp17 ribu hingga Rp18 ribu perkilogramnya. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar