Pariaman selaraskan RKP 2019 dengan prioritas pembangunan nasional

id Genius Umar ,RKP Pariaman

Walikota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan pihaknya menyelaraskan lima rencana kerja pemerintah (RKP) 2019 kota itu dengan prioritas pemerintah pusat guna mempercepat pembangunan di daerah tersebut.

"Lima prioritas tersebut diterapkan dalam RKP Kota Pariaman tahun 2019 dan sudah ada dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Pariaman tahun 2018-2023," kata dia di Pariaman, Rabu.

Ia menyebutkan lima prioritas tersebut yaitu pertama pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar yang mana hal ini telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

Ia mengatakan penerapan tersebut melalui program satu rumah satu sarjana serta mengirimkan anak muda untuk mengikuti pendidikan vokasi di pulau Jawa guna meningkatkan kualitas dan keterampilan generasi muda.

"Pemerintah Kota Pariaman memberikan beasiwa untuk mereka yang berasal dari keluarga pra sejahtera dan tahun ini program tersebut telah berjalan," katanya.

Dalam hal kesehatan, lanjutnya juga dilakukan peningkatan dengan bertambahnya jumlah warga yang diikutsertakan dalam jaminan kesehatan nasional.

Prioritas kedua yaitu pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman yang mana pihaknya membangun jalan lingkar Timur daerah itu sehingga seluruh kota itu terhubung dan terdepan.

Ia menyampaikan pihaknya pun juga membuka peluang objek wisata di bagian timur sehingga menguatkan potensi peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Selama ini pembangunan hanya di sisi barat atau pantai saja namun sekarang kami melakukan pemerataan pembangunan," ujarnya.

Prioritas ketiga yaitu memperkuat nilai tambah ekonomi dan menciptakan lapangan kerja melalui pertanian, industri, pariwisata, dan jasa produktif.

Ia mengatakan saat ini di daerah itu telah tumbuh industri kecil menengah yang mengolah komoditi pertanian menjadi produk yang tentu saja juga dapat menunjang pariwisata.

Namun pihaknya masih berupaya agar produk, pariwisata dan sarana pendukung lainnya di antaranya hotel dan jasa angkutan wisata meningkat sehingga dapat banyak menyerap tenaga kerja.

Prioritas ketiga yaitu mengupayakan pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air di daerah secara maksimal.

"Pariaman memiliki sumber daya air yang akan kami maksimalkan potensinya baik untuk memenuhi kebutuhan air bersih maupun mendukung agrowisata," ujar dia.

Prioritas nasional yang kelima yaitu stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilihan Umum 2019 yang mana pihaknya terus mendorong agar pesta demokrasi itu berjalan lancar.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar