Polres Padang Panjang simulasikan pengamanan pemilu

id Pengamanan pemilu,Polres Padang Panjang,KPU padang panjang

Polres Padang Panjang simulasikan pengamanan pemilu

Simulasi pengamanan pemilu di Padang Panjang. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menggelar simulasi pengamanan pemilu yang dilaksanakan di Kantor KPU setempat, Selasa.

Wakapolres Padang Panjang Kompol M Nasir di Padang Panjang mengatakan simulasi yang dilakukan berupa demonstrasi dari masyarakat yang merasa terjadi kecurangan sehingga meminta pemungutan suara diulang.

Aksi pendemo di depan kantor KPU setempat kemudian diredam dan dibubarkan dengan cara menyemprotkan air dari petugas pemadan kebakaran Padang Panjang.

Dalam pelaksanaan simulasi ia menekankan agar personel kepolisian siaga dan sigap menghadapi situasi ketidakpuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu.

Pada kesempatan itu Wakapolres sekaligus menyampaikan imbauan bagi masyarakat agar tidak terpancing isu-isu yang bisa berakibat terjadinya kerusuhan.

"Beda pilihan itu wajar, dari sini diambil pelajaran agar saling menghargai. Damai dalam perbedaan itu indah," ujarnya.

Ketua KPU Padang Panjang Okta Novisyah menyampaikan apresiasi atas simulasi yang dilakukan sebagai bentuk antisipasi atas kejadian yang tidak diharapkan.

"Koordinasi dengan TNI dan Polri selalu kami lakukan berkaitan dengan upaya atau langkah pengamanan," ujarnya.

Di samping koordinasi dengan TNI Polri, KPU juga memberikan bimbingan bagi petugas KPPS agar bisa bertugas dengan adil, jujur dan transparan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari masyarakat. (*)