Fadly arahkan Dekranasda kembangkan potensi kerajinan daerah

id Fadly Amran,Dekranasda Padang Panjang

Fadly arahkan Dekranasda kembangkan potensi kerajinan daerah

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran ketika memberikan arahan bagi Dekranasda setempat yang baru dilantik agar mengembangkan potensi kerajinan daerah, Selasa(26/3). (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Fadly Amran mengarahkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat agar mengembangkan potensi kerajinan yang ada di daerah itu.

"Potensi sebenarnya banyak, ada dari masyarakat dan keberadaan institut seni di sini. Kami harap Dekranasda bisa melihat itu dan mendorong pengembangannya," katanya di Padang Panjang, Selasa, usai pelantikan pengurus dan anggota Dekranasda Padang Panjang tahun 2018-2023.

Ia menyebutkan beberapa potensi yang sudah dapat disaksikan dan bisa dijadikan sebagai keunggulan daerah yaitu kerajinan kulit, lukis dan kriya.

Dekrasda, ujarnya, diharap dapat mengumpulkan para pelaku kerajinan tersebut kemudian memberi pembinaan dan target merealisasikan hasil pembinaan.

"Lewat langkah ini, kami yakini produk kerajinan Padang Panjang memiliki nilai jual," katanya.

Ia juga mendorong Dekranasda agar menggelar sebuah pameran seperti Inacraft yang menampilkan hasil karya para perajin dan sebagai bentuk apresiasi bagi perajin yang telah mengikuti pembinaan.

Pameran produk sekaligus menjadi sarana mempromosikan produk para perajin.

Sekretaris Dekranasda Sumatera Barat Ridonal usai kegiatan pengukuhan pengurus Dekranasda mengatakan para pengurus akan memili tanggungjawab besar dalam mengembangkan kerajinan unggulan daerah.

Menurutnya produk kerajinan termasuk dalam hasil kebudayaan bangsa yang harus dihargai dan dilestarikan.

Dekranasda sebagai pemangku kepentingan yang bertanggungjawab di bidang tersebut memiliki fungsi menggali, melestarikan, membina dan mengembangkan kerajinan daerah.

"Di masa sekarang pembinaan mesti diikuti pengetahun berhubungan dengan design mutu, kemasan, inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi agar dapat bersaing di pasar," jelasnya.

Rinaldo mengatakan pengurus Dekranasda diharapk segera membuat menyusun program kerja yang disesuaikan dengan potensi industri kerajinan yang ada di Padang Panjang.