Gusmal: partisipasi masyarakat bagian penting pemilu

id bupati solok

Bupati Solok, Gusmal saat menyampaikan arahan ketika rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Selasa (26/3/2019) untuk persiapan pemilihan umum (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal menyebutkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih cerdas merupakan bagian penting dalam pemilihan umum (pemilu).

"Partisipasi masyarakat sebagai pemilih cerdas juga merupakan bagian yang penting dalam pemilu karena masyarakat diharapkan nantinya dapat memilih wakil-wakil rakyat yang memiliki integritas dan kualitas yang tinggi," kata Bupati Solok Gusmal di Arosuka, Selasa.

Hal tersebut Ia sampaikan ketika rapat koordinasi persiapan pemilihan umum pada 2019.

Jika seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih menyalurkan haknya dengan baik tentu yang terpilih adalah wakil rakyat yang terbaik dan jauh dari korupsi.

"Tapi jika masyarakat tidak memilih atau golput, akan merasakan penyesalan jika ternyata wakil rakyat tidak sesuai dengan harapan atau berbuat hal buruk," sebutnya.

Ia berharap melalui rapat koordinasi itu dapat mewujudkan kesamaan persepsi, sinergitas yang kuat dan berkesinambungan antara penyelenggara pemilu, aparatur pemerintah, organisasi masyarakat dan partai politik dalam upaya menyukseskan pemilu di Kabupaten setempat.

Menurutnya, pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilan pemerintahan yang demokratis.

Oleh sebab itu seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan untuk menyukseskan pemilu.

"Semoga rapat ini menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019 serta menjaga stabilitas keamanan daerah," ujarnya.

Gusmal juga mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintah, tokoh politik, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat agar membangun rasa saling pengertian, toleransi, dialog dan kerja sama sehingga tidak mudah terprovokasi terhadap segala hasutan dan pengaruh negatif.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kabupaten Solok, Efrizon mengatakan rapat koordinasi ini terlaksana atas kerja sama antara Pemda setempat, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dengan dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok .

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat, memonitor dan mengkoordinasikan kegiatan KPU dan Bawaslu, Pemda setempat dan pihak keamanan (kepolisian) dalam persiapan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019 di kabupaten solok.

Selain itu juga untuk mengantisipasi secara dini atau pencegahan preventif terhadap kemungkinan terjadinya gangguan hambatan dalam setiap tahapan pemilu. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar