GMNI Padang Gelar Kaderisasi Tingkat Dasar

id gmni

GMNI Padang Gelar Kaderisasi Tingkat Dasar

Peserta Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) GMNI Padang dengan Tema “Pemantapan Ideologi Marhaenisme Sebagai Bagian Perjuangan Bangsa Menghadapi Krisis Identitas Sosial” pada  22-24 Maret 2019 di Padang. (Antara Sumbar/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Padang menyelenggarakan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) dengan Tema “Pemantapan Ideologi Marhaenisme Sebagai Bagian Perjuangan Bangsa Menghadapi Krisis Identitas Sosial” pada 22-24 Maret 2019 di Asrama Haji Kota Padang, Sumatera Barat.

“ Pengkaderan ini diikuti sekitar 30 orang kader yang tergabung dalam GMNI se-Kota Padang, ” ujar Ketua Pelaksana Jobel Rifi di Padang, Minggu melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar.

Sementara Ketua GMNI Kota Padang Rezki Adminanda menyampaikan KTD merupakan program pengkaderan lanjutan dalam GMNI, peserta yang mengikuti kegiatan ini ialah yang telah melalui tahapan Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB), dan setelah mengikuti kegiatan tersebut baru dapat mengikuti KTD .

“Tujuan KTD memantapkan kader GMNI dalam mengaktualisasi nilai-nilai ajaran marhaenisme (Bung Karno) dalam kehidupan sehari-hari," ujar dia.

Ia menambahkan saat ini GMNI merupakan organisasi yang relevan dalam perkembangan zaman. Dibalik kemajuan revolusi industri 4.0 ini GMNI berada di garda terdepan dalam merawat keberagaman.

Keberagaman dalam artian menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai nasionalisme. Karena di momen politik seperti saat ini, Pileg dan Pilpres bukan tidak mungkin terjadi perpecahan akibat berbeda pandangan.

“Kader GMNI harus mampu hadir di tengah masyarakat dan mencegah perpecahan, karena isu SARA marak saat ini apalagi di momen demokrasi Pileg dan Pilpres, kader GMNI juga diharapkan menjadi teladan bagi masyarakat, dengan mengedepankan persatuan di atas kepentingan pribadi maupun golongan,” tambah Rezki.

Dalam KTD juga di paparkan beberapa materi seperti Metode Berfikir Marhaenisme, Politik Minangkabau, Nasionalisme Indonesia, Sistem Politik Indonesia serta materi lainnya lagi yang berguna bagi kader GMNI untuk dapat mengaktualisasikan diri dalam berbagai situasi dalam masyarakat.

Dengan adanya KTD diharapkan dapat menjadi kursus singkat bagi kader GMNI Kota Padang sebagai pelatihan kepemimpinan, pendidikan mental, dan penanaman kedisiplinan guna menunjang pembentukan karakter kader yang tidak gamang menjunjung tinggi nilai persatuan di bawah payung NKRI.

Acara KTD berlangsung selama tiga hari dimulai dari jumat lalu dan ditutup Minggu sore dengan pelantikan dan pembacaaan Ikrar Kader GMNI.

Sebagai kader GMNI yang telah sah dan diharapkan dapat terjun ke dalam masyarakat untuk menjadi agen perubahan

kontrol sosial, garda terdepan dalam mengawal reformasi serta turut andil dalam setiap permasalahan yang dapat memberikan solusi di dalam masyarakat untuk mewujudkan sosialisme Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Sekwan Kepulauan Mentawai, Halomoan Pardede yang juga merupakan Alumni GMNI Medan.