Wako: kereta api dukung pariwisata Pariaman

id kereta api

Dua penumpang sedang berjalan ke arah kereta api di Stasiun Pariaman, Sumbar. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan kereta api yang melayani jalur Padang-Pariamantelah mendukung perkembangan pariwisata, dan meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kereta api yang melayani Padang-Pariaman merupakan salah satu faktor ramainya pariwisata di Kota Pariaman," kata dia di Pariaman, Sabtu.

Ia menyebutkan kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman dalam satu tahun mencapai tiga juta orang yang mana satu juta di antaranya berasal wisatawan yang menggunakan transportasi kereta api.

Kereta api yang melayani Padang-Pariaman tersebut tidak saja dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman untuk melihat keindahan wisata pantai Pariaman.

Namun juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang menjual kuliner, makanan ringan untuk oleh-oleh wisatawan, serta jasa wisata ke pulau.

"Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih atas adanya kereta api ke Pariaman," katanya.

Apalagi kata dia, Kementerian Perhubungan tahun ini mulai mengaktifkan kembali jalur kereta api ke Naras yang mana sudah tidak aktif sekitar 30 tahun.

Sebelumnya Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menyebutkan jumlah penumpang Kereta Api Sibinuang yang melayani jalur Padang-Pariaman mencapai 1,2 juta penumpang pada 2018.

"Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dari 2014 yang hanya 640 ribu penumpang," kata dia usai peresmian jalur kereta api Pariaman-Naraspada Jumat (22/3).

Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Sumbar saat ini sudah memanfaatkan maksimal transportasi kereta api.

"Dan hal ini paling membahagiakan bagi kami," ujar dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar