Laga pembuka Portugal kurang mulus di kualifikasi Euro 2020

id Cristiano Ronaldo,Kualifikasi Piala Eropa 2020,Timnas Potugal

Laga pembuka Portugal kurang mulus di kualifikasi Euro 2020

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo berteriak saat pertandingan melawan Ukraina pada kualifikasi Piala Eropa 2020 grup B di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (22/3/2019). ANTARAFOTO/REUTERS/Rafael Marchante/foc.

​​​​​​​Jakarta (ANTARA) - Laga pembukaan Portugal di Kualifikasi Piala Eropa 2020 berjalan kurang mulus, meski kembali diperkuat sang kapten Cristiano Ronaldo. Juara Eropa tersebut mampu ditahan imbang tanpa gol oleh Ukraina.

Tergabung di Grup B, Portugal mengawali kualifikasi dengan menjamu Ukraina di Estadio Da Luz, Sabtu (23/3) dini hari WIB.

Ini jadi penampilan pertama Ronaldo bersama tim nasional Portugal usai tersingkir di Piala Dunia 2018. Ia diturunkan sejak awal dan didampingi di lini depan bersama Andre Silva dan Bernardo Silva.

Portugal sempat mencetak gol pada menit ke-17 melalui sundulan William Carvalho. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Carvalho sudah berada dalam posisi offside.

Ronaldo nyaris membuka keunggulan negaranya pada menit ke-24, tetapi sepakannya masih bisa digagalkan oleh Andriy Pyatov.

Mantan pemain Real Madrid tersebut terus menjadi ancaman untuk gawang Ukraina. Salah satunya saat ia melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang memaksa Pyatov melakukan penyelamatan.

Pyatov bisa disebut menjadi pahlawan Ceko di bawah mistar gawang Ukraina karena menggagalkan sejumlah peluang Portugal. Pyatov melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan Andre Silva pada menit ke-57.

Ukraina tidak hanya berdiam diri, sebelum pertandingan berakhir mereka hampir mencetak gol saat kiper Portigal Rui Patricio gagal menangkap tembakan Yevhen Konoplyanka dengan sempurna. Bola nyaris disambar Moraes, tetapi Ruben Dias bergerak lebih cepat dan membuang bola.

Dengan hasil ini, Portugal berada di peringkat kedua klasemen Grup B dengan satu poin. Tim asuhan Fernando Santos tersebut selanjutnya akan menghadapi Serbia pada Selasa dini hari WIB.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves (Rafa Silva), William Carvalho, Joao Moutinho (Joao Mario); Bernardo Silva, Andre Silva (Dyego Sousa), Cristiano Ronaldo

Ukraina (4-1-4-1): Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivtsov, Mykola Matvyenko, Vitaliy Mykolenko; Taras Stepanenko; Marlos (Tsygankov), Ruslan Malinovskiy, Oleksandr Zinchenko, Yevhen Konoplyanka (Buyalskiy); Roman Yaremchuk (Moraes). (*)

Baca juga: Cukur Moldova 4-1, Les Bleus bermain sempurna

Baca juga: Inggris dan Prancis bermain sempurna pada pembukaan kualifikasi Euro 2020

Baca juga: Hattrick Sterling bantu Inggris cukur Ceko