Pariaman upayakan tingkatkan kualitas produk IKM

id Ikm pariaman

Pariaman upayakan tingkatkan kualitas produk IKM

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pariaman, Sumbar Gusniyetti Zaunit. (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat berupaya meningkatkan kualitas produk makanan ringan yang diproduksi oleh industri kecil menengah (IKM) di daerah itu.

"Kami berupaya memacu kualitas produk IKM agar mereka mendapatkan hasil dan keuntungan yang maksimal," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Usaha Miikro Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Kamis.

Menurutnya dengan meningkatkan kualitas produk IKM maka tidak saja berdampak positif untuk ekonomi pelaku usaha tersebut namun juga pariwisata di Kota Pariaman.

Apalagi saat ini Pemko Pariaman sedang giat membenahi wisata kota itu sehingga menarik minat wisatawan datang berkunjung ke daerah itu, katanya.

Potensi tersebut, lanjutnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku IKM untuk menawarkan produk berkualitasnya kepada wisatawan yang datang ke Kota Pariaman.

Untuk meningkatkan kualitas produk IKM tersebut pihaknya melaksanakan pelatihan kepada pelaku IKM se-Kota Pariaman yang terdiri dari 150 orang.

Kegiatan pelatihan yang terakhir dilaksanakan beberapa hari yang lalu dengan mendatangkan narasumber yang merupakan konsultan usaha kecil menengah nasional Puguh Priyo Sudibyo.

Ia menjelaskan pelatihan tersebut merupakan penerapan visi dan misi Pemko Pariaman yaitu menjadikan Kota Pariaman sebagai kota wisata, perdagangan, jasa yang religius, dan berbudaya.

Ia menyarankan pelaku IKM untuk juga memasarkan produknya melalui internet guna menjaring konsumen yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu alternatif untuk memasarkan produk usaha selain menawarkan langsung kepada wisatawan yang datang ke Kota Pariaman. (*)