Pesisir Selatan cetak 24.515 KTP-el pemilih pemula

id ktp elektronik

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Sartoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat telah mencetak sebanyak 24.515 keping KTP elektronik bagi pemilih pemula di pemilu serentak 2019.

"Pemilih pemula ialah warga negara yang berumur 17 tahun pada 17 April 2019 dan telah melakukan perekaman KTP elektronik," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Sartoni di Painan, Rabu.

Ia menyebutkan pencetakan KTP elektronik merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang bertujuan agar tidak terjadi kendala pada saat dilaksanakan pemilu serentak.

Pusat menargetkan KTP elektronik itu selesai dicetak pada 20 Maret 2019, namun pada 8 Maret 2019 pihaknya telah menuntaskan semuanya.

Pencetakan dilakukan di masing-masing Unit Kerja Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di 15 kecamatan di daerah setempat.

"Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menyanggupi pencetakan KTP elektronik secara mandiri karena tersedianya 19 unit mesin pencetak, sementara beberapa daerah lain ada yang menggunakan jasa pihak ketiga," katanya.

Saat ini petugas di masing-masing unit kerja layanan tengah menyebar informasi ke masyarakat yang KTP elektroniknya dicetak.

"Dalam prosesnya petugas bekerja sama dengan kepala kampung sehingga penyebaran informasi terlaksana dengan maksimal dan target akhir Maret 2019 semuanya telah didistribusikan," katanya lagi.

Mereka yang KTP elektroniknya telah dicetak diminta untuk mengambilnya secara langsung tanpa diwakilkan ke unit kerja layanan untuk dilakukan aktivasi.

Dari 24.515 keping KTP elektronik tersebut, terbanyak diterbitkan di Kecamatan Sutera yang berjumlah 2.890 keping, berikutnya Kecamatan 2.873 keping, Koto XI Tarusan berjumlah 2.776 keping dan Linggo Sari Baganti sebanyak 2.745 keping. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar