Pemilu sarana perwujudan kedaulatan rakyat

id Pemilu ,Wawako Solok Reinier,Pemilu Serentak 2019

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat menjadi narasumber Sosialisasi Politik Hukum, Budaya Politik, dan Etika Demokrasi di Solok, Selasa. (Dok. Humas Solok)

Solok   (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier, menyampaikan jika pemilihan umum adalah sarana perwujudan kedaulatan rakyat, yang dilaksanakan secara azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Demokrasi menjadi salah satu sistem politik banyak negara di dunia, termasuk Indonesia," sebutnya di Solok, Selasa.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Politik Hukum, Budaya Politik, dan Etika Demokrasi di Solok, Selasa

Menurutnya, manfaat pemilu sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat, juga sarana melakukan pergantian pemimpin secara konstitusional, sarana pemimpin politik memperoleh hak legitimasi, serta sarana bagi pemilih menyalurkan suaranya.

Ia menjelaskan penyelenggara pemilu ialah KPU, Bawaslu serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Prinsip pemilu ialah mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

Renier mengajak para generasi muda untuk selalu mengembangkan pendidikan dan wawasan pribadi masing-masing, agar nantinya siap menjadi pemimpin. Generasi muda harus berproses untuk menjadi pemimpin yang tangguh.

Selanjutnya, para pemilih jangan sampai tergoda dan terjebak dengan politik uang yang hanya akan menyesatkan masyarakat karena memilih bukan berdasarkan rekam jejak calon legislatif.

"Politik uang cuma kenikmatan sesaat, namun kami akan merasakan risikonya selama lima tahun," ujarnya.

Setelah sosialisasi ini, para mahasiswa harus turun tangan, bersilaturahimsecara langsung dengan masyarakat. Tentunya, itu merupakan sebuah kemajuan bagi para mahasiswa untuk berproses, sehingga bisa menyatu dengan seluruh elemen masyarakat.

Acara juga turut dihadiri Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok, Fidliwendy Alfi, serta puluhan peserta sosialisasi dari anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di universitas dan perguruan tinggi yang ada di Kota Solok. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar