Lisda Hendrajoni dorong kemandirian perekonomian keluarga

id Lisa Hendrajoni,Ketua TP-PKK Pesisir Selatan

Lisda Hendrajoni dorong kemandirian perekonomian keluarga

Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni bersama Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hazrita melatih ibu-ibu rumah tangga membuat telur asin di Nagari Kambang Utara. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, mendorong kemandirian perekonomian keluarga masyarakat setempat melalui kegiatan tambahan namun produktif.

"Banyak kegiatan tambahan yang bisa mendorong kemandirian perekonomian keluarga seperti usaha telur asin, usaha pembesaran itik dan lainnya," katanya usai kegiatan Gebyar Peternakan 2019 di Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Selasa.

Selain itu, terdapat beberapa usaha tambahan lainnya yang juga bisa dilakoni seperti membatik, dan terkait membatik ini pihaknya sudah merintisnya di beberapa kecamatan seperti di XI Koto Tarusan, Sutera dan Silaut.

Secara khusus pihaknya memberikan apresiasi kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat yang telah menyerahkan bantuan 1.420 ekor itik petelur ke 71 keluarga di Kambang Utara.

Selain itik juga diserahkan empat unit mesin penetas yang bisa mereka gunakan untuk menetaskan telur yang ada.

Selain itu juga diberikan pelatihan cara membuat telur asin sebagai produk turunan dari telur itik.

Menurutnya, masyarakat Pesisir Selatan tidak perlu repot lagi dalam hal pemasaran produk yang mereka hasilkan, hak tersebut karena menjamurnya wisatawan yang datang saban hari ke daerah itu.

"Yang penting saat ini hanya produk dan pengemasannya yang menarik, mengenai pemasaran kita bisa mengandalkan wisatawan," katanya lagi. (*)