Pesisir Selatan salurkan 1.420 ekor itik petelur kepada 71 keluarga petani

id itik petelur

Pesisir Selatan salurkan 1.420 ekor itik petelur kepada 71 keluarga petani

Foto bersama usai penyerahan itik petelur kepada keluarga petani. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan sebanyak 1.420 ekor itik petelur kepada puluhan keluarga petani di Nagari (Desa Adat) Kambang Utara, Kecamatan Lengayang.

"Totalnya terdapat 71 keluarga yang menjadi penerima bantuan, mereka merupakan anggota empat kelompok ternak di Kambang Utara," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita di Painan, Selasa.

Ia mengatakan masing-masing keluarga menerima 20 ekor itik yang terdiri dari 18 ekor itik betina dan dua ekor jantan.

Selain itik pihaknya juga menyerahkan empat unit mesin penetas telur, masing-masing kelompok menerima satu unit.

"Dengan adanya mesin penetas telur di masing-masing kelompok, kami berharap penerima bantuan tidak hanya memanfaatkan telur itik untuk mencukupi gizi keluarga dan dijual, namun juga mengembangkan usaha penetasan dan pembesaran anak itik," katanya lagi.

Ia melanjutkan usaha penetasan dan pembesaran anak itik ini jauh lebih menguntungkan jika dibanding mengonsumsi telur atau menjualnya.

"Harga telur itik mentah hanya pada kisaran Rp3 ribu per butir, namun jika ditetaskan bisa menjadi Rp15 ribu per ekor khusus bagi anakan itik betina dengan hanya menunggu masa penetasan sekitar satu bulan," kata dia.

Apalagi jika dibesarkan tentu harganya menjadi lebih mahal, sehingga hal tersebut akan memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan perekonomian keluarga penerima bantuan.

Selain menyerahkan bantuan itik petelur juga dilakukan kawin suntik terhadap sapi betina secara massal, pendaftaran asuransi ternak, pelatihan pembuatan telur asin dan lainnya.

Kegiatan itu dihadiri Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, Kabag Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi, Camat Lengayang, Zoni Eldo dan lainnya. (*)