Wagub : Pemerintah daerah harus peduli dengan jaminan kesehatan warganya sendiri

id wagub, BPJS kesehatan

Wagub : Pemerintah daerah harus peduli dengan jaminan kesehatan warganya sendiri

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengingatkan pemerintah daerah harus peduli soal jaminan kesehatan warganya sendiri karena ini adalah hal pelayanan dasar yang harus dipenuhi

"Kami juga akan menggandeng BUMN dan BUMD untuk ikut urun membantu biaya bagi warga yang kurang mampu," kata dia.

Ia melihat bagi daerah yang sudah 100 persen artinya bupati atau wali kota peduli dengan kesehatan warga.

"Kuncinya ada di kepala daerah karena indeks pembangunan manusia dasar itu diukur dari tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi dan seharusnya kesehatan jadi prioritas pertama," kata dia.

Nasrul menambahkan bagi kepala daerah yang kepesertaan JKN-KIS masih rendah akan dilayangkan surat gubernur serta ditembuskan ke ketua DPRD masing masing agar jadi perhatian.

Ia meyakini bahwa target kepesertaan minimal 95 persen bisa tercapai.

Kepada pengusaha dan perusahaan diimbau untuk mengasuransikan semua karyawannya dan pihaknya akan menugaskan Disnaker memastikan hal ini.

Kepada semua masyarakat terutama yang menunggak ia meminta segera melunasi dan pemerintah daerah diminta membantu pelayanan kesehatan warganya.

Ia melihat saat ini kebutuhan pelayanan kesehatan di Sumbar dalam satu tahun mencapai Rp2,2 triliun dan iuran JKN-KIS yang dihimpun hanya Rp1,1 triliun yang artinya defisit.

Mari bersama selesaikan persoalan ini sehingga target kepesertaan 95 persen bisa terwujud, ujarnya.