Pesan Wabup Zuldafri soal penyusunan pogram kegiatan daerah

id forum perangkat daerah

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat membuka secara resmi forum perangkat daerah kabupaten Tanah Datar 2019 di aula kantor bupati derah itu Senin, (18/3 ) (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Wakil Bupati Tanah Datar Sumatera Barat Zuldafri Darma mengemukakan penyusunan program kegiatan daerah harus terukur dan terarah sehingga bisa menghasilkan perencanaan dengan baik dan tidak tumpang tindih.

"Jika perencanaan tersebut terukur, upaya untuk mewujudkan peningkatan perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, peningkatan daya saing dan pertanian berlandaskan ABS-SBK akan terealisasikan," kata Wabup Zuldafri di Batusangkar, Senin.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat membuka secara resmi forum perangkat daerah kabupaten Tanah Datar 2019 di aula kantor bupati Pagaruyung Batusangkar

Ia mengatakan forum ini merupakan salah satu proses perencanaan pembangunan setelah musrenbang nagari dan musrenbang kecamatan yang telah selesai dilaksanakan.

Oleh sebab itu setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan menyusun perencanaan yang disesuaikan dengan visi dan misi daerah, di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wabup Zuldafri Darma.

"Sehingga apa yang telah kita canangkan untuk kesejahteraan masyarakat bisa dicapai hingga berakhir masa jabatan,” ujarnya.

Ia menyebut penyusunan perencanaan pembangunan tentu harus berpedoman kepada undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

"Sehingga penyusunan program kegiatan menjadi spesifik, terukur, terjangkau, realistis, dan sampai masa waktu. Sehingga pengukuran kinerja pemerintah bisa dinilai," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pemikiran, solusi serta jawaban terhadap kekurangan dan permasalahan secara umum di Tanah Datar.

Sementara Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah selaku panitia pelaksana mengagakan forum perangkat daerah tahun 2019 bertujuan untuk menyelaraskan program kegiatan perangkat daerah dengan hasil musrenbang sebelumnya.

"Sehingga apa yang telah direncanakan tersebut menjadi bisa menjadi Rencana Kerja (Renja) bagi perangkat daerah," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar