Wali Kota Padang kembali ingatkan ASN jaga netralitas hadapi pemilu

id netralitas ASN, wako padang

Wali kota Padang Mahyeldi pada upacara peringatan HUT Satpol PP ke -69 di Padang, Senin (18/3) (Antara Sumbar/humas)

Padang, (ANTARA) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Mahyeldi kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas menghadapi pemilu dan pilpres 2019.

"Sesuai amanat Mendagri, ASN harus menjaga netralitas sama halnya dengan TNI-Polri selaku pihak yang bertugas mengawal, menjaga dan menjamin proses penyelenggaraan pemilihan umum dapat berjalan lancar dan sukses," kata Mahyeldi di Padang, Senin pada peringatan HUT Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57.

Menurutnya sebagai penyelenggara pemilu, KPU dan Panwaslu dituntut untuk mampu menegakkan peraturan yang telah ditetapkan sehingga agenda demokrasi tidak cacat atau ternoda, karena ini menyangkut masa depan bangsa untuk lima tahun ke depan.

"Jadi, ketika pelaksana dan perangkat terkait mempedomani peraturan yang ada, akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan negara lain," katanya

Lebih lanjut ia menambahkan peran Satpol PP dan Satlinmas penting dalam pemilu terutama membantu dan bersinergi dengan Polri dalam hal pengawasan dan kelancaran pileg dan pilpres.

"Sebagai satuan penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah Satpol PP diharapkan dapat menegakkan aturan yang telah ditetapkan, kata dia.

Kepada masyarakat wali kota mengajak untuk menciptakan dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan-peraturan yang telah dibuat.

"Karena memang disitulah titik temu antara pemerintah dengan masyarakat," katanya.

Di sisi lain Wali Kota Mahyeldi juga mengapresiasi berbagai atraksi yang ditampilkan para personel Satpol PP dalam upacara tersebut.

"Saya melihat dari segi keterampilan, kesiapan, pengamanan huru-hara dan juga kelengkapan-kelengkapan personel Satpol PP Padang cukup baik dan memadai. Untuk itu mari tingkatkan semangat dan profesional dalam menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar