KPU Padang Pariaman rekrut ribuan anggota KPPS

id KPU Padang Pariaman, KPPS

Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Pariaman, Ory Sativa Syakban (kiri). (Antara Sumbar/Aadiat M Sabir)

Padang Pariaman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat merekrut 9.513 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 pada 17 April 2019.

"Anggota KPPS tersebut bertugas di 1.359 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Padang Pariaman," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Pariaman, Ory Sativa Syakban di Parit Malintang, Sabtu.

Ia menyebutkan setiap TPS terdapat tujuh anggota KPPS yang tugasnya menyelenggarakan proses pemungutan dan penghitungan suara.

KPPS tersebut, lanjutnya mulai direkrut pada 28 Februari 2019 yang hasilnya akan diumumkan pada 24 Maret 2019 .

Selain melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara, lanjutnya ,anggota KPPS juga bertugas menyosialisasikan kepada masyarakat tentang Pemilu 2019.

"Mereka juga bertugas menyampaikan lokasi memilih, cara mencoblos dan menyosialisasikan daftar pemilih," ujarnya.

Diharapkan dengan tugas tersebut maka tingkat partisipasi pemilih di Padang Pariaman meningkat dengan target keikutsertaan pemilih secara nasional 77,5 persen.

Ia menyebutkan saat ini daftar pemilih tetap di daerah itu mencapai 313.987 orang dengan 893 penyandang disabilitas.

Agar partisipasi pemilih di daerah itu tinggi pihaknya menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat hingga mengikuti kegiatan kemasyarakatan ke tingkat korong.

"Bahkan relawan demokrasi kami wajibkan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi empat kali dalam seminggu," kata dia.

Pada sosialisasi tersebut pihaknya menyampaikan bahwa Pemilu merupakan pesta demokrasi bukan milik peserta Pemilu namun milik masyarakat sehingga jangan mudah ditipu dengan uang.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar