Baznas salurkan Rp1,5 miliar dana zakat untuk beasiswa

id Baznas

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, H.Syafrizal Sf, SIQ, M.MPd, foto bersama siswa SMPN 1 satiubuksikaping usai penyerahan di Lubuksikaping. (Ist)

Lubuksikqping (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, menyalurkan beasiswa sebesar Rp1,5 miliar kepada 2.500 orang mahasiswa dan siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, H Syafrizal, di Lubuksikaping, Sabtu mengatakan, beasiswa sebesar Rp1,5 miliar itu merupakan program Pasaman Cerdas. Program tersebut diberikan untuk membantu biaya pendidikan bagi siswa atau mahasiswa dari keluarga miskin.

"Pasaman Cerdas, salah satu program unggulan Baznas Pasaman. pagi tadi, bersama Dandim, Ketua Pengadilan dan Dinas Pendidikan, sudah dilakukan pendistribusian dan sosialisasi zakat di SMPN 1 Lubuk Sikaping. Beasiswa diberikan kepada siswa berprestasi tapi kurang mampu," katanya.

Sejauh ini, kata Syafrizal, program Pasaman Cerdas Baznas sudah disalurkan kepada 2.500 orang siswa dan mahasiswa. Serta, beasiswa gratis hingga lulus kuliah di dua perguruan tinggi, STAI YDI Lubuksikaping dan STIH Yappas.

"2.500 beasiswa itu untuk siswa Paud, TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa. Sementara, 119 Beasiswa gratis di STAI dan 29 orang di Yappas dengan syarat wajib menghafal Qur'an, Hadist Arba'in dan IP minimal 3.00," ujar Syafrizal.

Bantuan zakat berupa beasiswa itu berguna bagi siswa dan mahasiswa yang mendapatkannya. Guna membantu mereka dalam menuntut ilmu dan menjadi kebanggaan para orang tua pada masa akan datang.

"Tuntutlah ilmu, belajarlah dengan sungguh-sungguh dan tekun serta ulet, agar apa yang diharapkan nantinya akan menjadi sebuah kenyataan dan kebanggaan bagi kedua orang tua," imbuhnya.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar