Pemkab Pesisir Selatan apel pagi di TPA Gunung Bungkuak

id Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memimpin apel pagi di TPA Gunung Bungkuak. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melaksanakan apel pagi di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Gunung Bungkuak, daerah setempat, Jumat.

"Kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar, sekaligus ini juga merupakan instruksi langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai kegiatan itu di Painan, Jumat.

Berikutnya, tambah dia, kegiatan tersebut juga dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional.

Dengan kegiatan itu ia berharap semangat untuk menjaga lingkungan bebas dari sampah terus bergelora di lingkungan masyarakat setempat.

"Kami dari pemkab menargetkan piala Adipura yang berhasil di raih dua tahun berturut-turut kembali bisa diraih untuk yang ketiga kalinya, untuk mewujudkan tentu harus ada upaya-upaya yang dilakukan, salah satunya ya kegiatan ini," sebutnya.

Ia mengungkap dengan pengelolaan yang baik, maka sampah tidak akan menjadi sumber bau busuk, sumber penyakit dan lainnya.

Namun sampah bisa bernilai ekonomis, seperti bisa dijadikan sebagai kerajinan dari bahan bekas, menjualnya untuk di daur ulang dan sebagainnya.

Yang tidak kalah penting menurutnya, jika lingkungan bebas dari sampah maka masyarakatnya akan lebih sehat, lebih bersemangat dan merasakan hal positif lainnya.

"Kebersihan merupakan kebutuhan dasar yang mesti kita dapatkan dan untuk mewujudkannya perlu kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Apel pagi tersebut selain diikuti oleh ASN dan pejabat daerah setempat, juga diikuti oleh pelajar dan masyarakat di sekitar TPA Gunung Bungkuak.

Gunuang Bungkuak merupakan salah satu TPA yang ada di Pesisir Selatan luas mencapai 36.000 meter persegi. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar