16 lokasi ditetapkan KPU untuk kampanye rapat umum di Agam

id Riko Antoni

Ketua KPU Kabupaten Agam, Riko Antoni sedang memimpin rapat koordinator penyusunan lokasi kampanye rapat umum Pemilu 2019 di aula kantor bupati setempat, Kamis (14/3). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyediakan 16 lokasi kampanye rapat umum bagi partai politik di daerah itu pada Pemilu 2019.

Ketua KPU Agam, Riko Antoni di Lubukbasung, Kamis, mengatakan ke 16 lokasi itu merupakan satu per kecamatan di daerah itu.

"Lokasi ini berdasarkan koordinasi KPU dengan Pemerintah Kabupaten Agam," katanya saat rapat koordinator penyusunan lokasi kampanye rapat umum Pemilu 2019.

Ia mengatakan, lokasi itu akan ditetapkan berdasarkan surat keputusan KPU setempat dan lokasi itu akan disampaikan ke KPU Provinsi Sumbar.

Setelah itu partai politik dipersilakan untuk memanfaatkan lokasi yang telah disediakan tanpa dipungut biaya kecuali uang kebersihan. Namun harus mengurus surat izin ke pihak kepolisian.

Sementara jadwal pelaksanaan kampanye rapat umum masing-masing partai politik belum ditetapkan.

Pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan partai politik untuk menentukan jadwal pelaksanaan dalam waktu dekat.

"Sesuai jadwal pelaksanaan kampanye rapat umum pada 24 Maret sampai 13 April 2019 dan 14-16 April masa tenang," kata dia.

Sementara itu Ketua Bawaslu Agam, Elvys menambahkan partai politik tidak boleh menggunakan lokasi lain di luar lokasi yang telah disediakan.

"Lokasi ini telah disepakati dan partai politik tidak boleh menggunakan lokasi lain," katanya.

Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto berharap artis yang menghibur warga saat kampanye berpakaian sopan sesuai dengan kaidah yang ada.

Selain itu kampanye rapat umum tersebut tidak boleh lewat jadwal yakni dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

"Ini merupakan kesepakatan yang harus dipatuhi oleh partai pilitik," katanya.

Rapat koordinasi penyusunan lokasi kampanye rapat umum Pemilu 2019 itu diadakan di aula kantor bupati setempat yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU, Bawaslu, pengurus partai politik, Kepala Kesbang Pol Agam, Yunelson dan camat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar