Ketua PKK Solok ingatkan masyarakat kurangi sampah plastik

id TP-PKK Solok

Ketua TP PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian saat pencanangan bulan bhakti dasawisma di Solok, Rabu. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Solok, Sumatera Barat, Zulmiyetti Zul Elfian mengingatkan dan mengajak kader serta masyarakat untuk mengurangi sampah plastik dalam upaya pelestarian lingkungan.

"Saya harap tiap kelurahan ketika acara mengurangi penggunaan sampah plastik dan mengganti dengan kantong kertas, apalagi Indonesia khususnya Kota Solok cukup banyak menghasilkan sampah plastik yang masih kurang pengelolaannya," kata Ketua TP PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian di Solok, Rabu.

Hal itu disampaikan saat acara pencanangan bulan bhakti dasawisma dalam pelaksanaan program pokok PKK Kota Solok 2019.

Menurutnya, PKK berperan penting dalam menjaga lingkungan agar bersih, sebab sampah plastik merupakan hal yang berbahaya karena terurai dalam waktu yang lama.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) telah diminta PKK untuk membuat tas plastik serba guna dari daur ulang plastik yang dapat digunakan berulang-ulang.

"Ibu-ibu, kader dan masyarakat dapat menggunakan tas plastik daur ulang untuk berbelanja sehingga mengurangi pemakaian sampah plastik," sebutnya.

Selain itu, ia juga mengimbau agar kader menyosialisasikan agar masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat keluarga, sayuran dan cabai.

Zulmiyetti juga mengajak kelompok dasawisma yang merupakan ujung tombak dari gerakan PKK, untuk menjalankan 10 program pokok PKK.

“Kelompok dasawisma dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, melalui dasawisma diharapkan dapat membantu sekaligus mengantisipasi muncul serta berkembangnya penyakit di masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal menyampaikan bahwa peran PKK sangatlah penting dan sangat besar perannya dalam membantu berbagai program pembangunan yang dilakukan pemerintah khususnya dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

“PKK sebagai mitra pemerintah khususnya di bidang peningkatan kesejahteraan keluarga, ketahanan keluarga dan pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat,"

Pencanangan Bulan Bhakti tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal didampingi oleh Ketua TP PKK Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua Basnaz Kota Solok Zaini, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar