BNI inisiasi upaya perkuat usaha rendang di Payakumbuh

id BNI

Pemimpin BNI Cabang Payakumbuh, M. Yusrin memberi sambutan pada pembukaan bimbingan teknis pelaku UKM yang bergerak di kuliner randang (Ist)

Payakumbuh (ANTARA) - Bicara tentang kuliner rendang yang sudah dikenal dengan kelezatannya, tak bisa dilepaskan dari Payakumbuh, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut tergerak berpartispasi dalam pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di kota itu.

Dalam rangka perwujudan Corporate Community Responsibility dan kepedulian terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar, BNI berkerjasama dengan Pemko Payakumbuh menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu.

Bimbingan Teknis untuk para pelaku UKM yang bergerak dalam kuliner rendang. Kegiatan diisi dengan diskusi panel oleh materi -- materi penunjang usaha kuliner.

Kota yang satu ini sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu produsen makanan khas Minangkabau tersebut.

Dilihat dari data yang dimiliki Pemerintah Kota Payakumbuh, setidaknya ada 36 unit usaha rendang yang beroperasi di kota tersebut.

Jadi, bisa dibilang usaha ini juga berdampak membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di sana.

Kegiatan Bimtek di mulai dari cara pengolahan pangan yang baik dan mendaftarkan produk -- produk yang diampu oleh pemateri dari BPOM, dilanjutkan dengan materi terkait optimalisasi produk oleh Kementerian Perindustrian.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan manajerial pelaku UKM, sebanyak 100 orang peserta diperkuat dengan digitalisasi pembukuan dan persiapan ekspor untuk produk-produk unggulan oleh pemateri dari STAN.

Di segmen hilir pun peserta diajak berdiskusi dalam meningkatkan kemampuan di sektor pemasaran digital.

BNI pun menggandeng blanja.com sebagai partner e-commerce dalam upaya peningkatan kualitas daya jual pelaku UKM di Payakumbuh.

Pelatihan dinilai sangat perlu dalam upaya menempa kemampuan UKM sebagai pelaku usaha yang nantinya akan menjadi kontributor dalam peningkatan perekonomian Payakumbuh, kata Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas dlam sambutannya.

Kegiatan ini beririsan dengan program Rumah Kreatifitas BUMN - BNI Payakumbuh dimana telah memulai melakukan inisiasi sejak lama dengan para pelaku UKM Payakumbuh terutama di bidang kuliner.

Tentunya diperlukan upaya optimalisasi yang terintegrasi dan berkesinambungan dalam meningkatkan kualitas usaha para pelaku UKM di Payakumbuh, ujar Pemimpin BNI Cabang Payakumbuh, M. Yusrin.
Pemimpin BNI Cabang Payakumbuh, M. Yusrin menyaksikan penyerahan bantuan ke pelaku UKM yang bergerak di kuliner randang (Ist)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar