Pastikan proses pelipatan surat suara lancar, Wako Payakumbuh datangi KPU

id kpu,payakumbuh,riza,falepi,surat,suara

Pastikan proses pelipatan surat suara lancar, Wako Payakumbuh datangi KPU

Riza Falepi menyaksikan langsung penyortiran surat suara ((Antara Sumbar/Syafri Ario))

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi bersama jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida mendatangi kantor KPU setempat, Rabu untuk memastikan proses penyortiran surat suara berjalan sesuai aturan.

"Ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa proses yang dilakukan oleh KPU tetap diawasi jajaran Muspida yaitu wali kota, Kepolisian, Kejari, dan TNI," ujar Riza di Payakumbuh, Rabu.

Dalam kunjungannya tersebut, Riza Falepi bersama jajaran Muspida menyaksikan langsung proses pelipatan surat suara yang dilakukan oleh 50 orang di Lantai II Kantor KPU Kota Payakumbuh.

"Kita semua bersama Muspida harus kompak menjaga pemilu ini berjalan dengan baik, lancar, dan sukses, itu yang paling penting," katanya

Sementara itu meski proses sortir surat suara sudah tuntas dilaksanakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh belum bisa mengumumkan jumlah surat suara yang rusak.

Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal mengatakan proses penghitungannya belum final dan akan dilaporkan terlebih dahulu ke KPU Sumbar dan KPU RI.

"Besok (Kamis, 14/3) kami akan ke KPU provinsi untuk menginformasikan hal ini. Laporannya juga masih dalam jumlah sementara dan setelahnya baru akan ada rapat koordinasi," ujarnya.

Sementara itu terkait jumlah surat suara yang rusak tersebut Riza mengatakan KPU masih membutuhkan waktu untuk memastikan jumlah pastinya.

Maka kata Riza juga belum ada kepastian apakah akan ada pengajuan surat suara atau tidak.

"Setelah nanti semua proses selesai tentu akan ketahuan jumlah seluruhnya," jelasnya. (*)