Berdirinya PSPAM tak pengaruhi kerja sama sumber airBatang Tabit

id PSPAM,air,batang,tabit,payakumbuh

Berdirinya PSPAM tak pengaruhi kerja sama sumber airBatang Tabit

PSPAM Payakumbuh ((Antara Sumbar/Syafri Ario))

Payakumbuh (ANTARA) - Pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kota Payakumbuh yang segera diresmikan tidak akan mempengaruhi kerja sama dengan sumber air di Batang Tabit Kabupaten Limapuluh Kota.

"Kita tidak memutuskan kerjasama dengan Batang Tabik meski PSPAM sudah ada di Kota Payakumbuh," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Payakumbuh, Muslim di Payakumbuh, Rabu.

Muslim mengatakan memang salah satu alasan Pemko Payakumbuh membangun PSPAM karena ketidakpastian suplai air dari Batang Tabit.

"Selain itu juga atas rekomendasi dari Badang Pemeriksa Keuangan (BPK) kita diminta untuk mandiri dalam penyediaan air bersih," ujarnya.

Kekurangan pasokan air bersih di Kota Payakumbuh juga menjadi pertimbangan awal Pemko untuk membangun PSPAM dan tidak memutuskan hubungan kerjasama dengan Batang Tabit.

"Kebutuhan kita memang bertambah banyak, maka dengan hadirnya PSPAM bisa memenuhinya," kata Muslim.

PSPAM ini kata Muslim pasokan airnya akan lebih banyak dialirkan ke Kelurahan Padang Tangah.

"Dia sudah terkoneksi yakni digabungkan dengan jaringan yang sudah ada di Padang Tangah dimana yang kurang dia akan mengalir kesana," jelasnya.

Muslim menjelaskan dengan adanya PSPAM akan menambahkan PAD terhadap daerah.

"Hanya saja kita tetap keluar biaya untuk operasional tapi lambat laun kita optimalkan untuk income PAD dari PSPAM," ujarnya.(*)